Jambi (ANTARA) - Puluhan rumah warga di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, pada Selasa malam (4/423), diterjang angin puting beliung hingga mengalami rusak dan dalam peristiwa itu ada tiga orang korban luka-luka saat kejadian itu sedangkan kerugian materiil diperkirakan ratusan juta rupiah.

Rumah-rumah korban rata-rata rusak pada bagian atap dan dinding karena angin kencang menerbangkan atap-atap rumah dan membuat pohon tumbang sehingga menimpa rumah warga, akibat nya dinding rumah pun hancur akibat tertimpa pohon, kata salah satu warga Sungai Bahar Mamad, Rabu.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB, saat warga sedang tadarusan serta tidur dan angin puting beliung datang mengakibatkan rumah warga rusak dan aliran listrik terputus akibat pohon yang tumbang.

Peristiwa tersebut selain menghancurkan rumah-rumah warga, angin puting beliung juga mengakibatkan dua warga dan satu anak-anak mengalami luka-luka karena saat kejadian warga berada di dalam rumah karena tertidur.

Baca juga: BMKG: Belokan angin sebabkan hujan lebat di wilayah Jambi

Baca juga: BMKG: Gangguan pola cuaca sebabkan hujan deras-angin kencang di Jambi


Mamad saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa angin puting beliung yang terjadi tadi malam menghantam banyak rumah sehingga rumah-rumah yang terkena angin puting beliung hancur dan selain itu arus listrik terputus akibat pohon yang tumbang.

Untuk korban luka, seorang anak sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan sedangkan tiga korban dewasa lainnya sudah mendapatkan pengobatan karena mengalami luka ringan akibat reruntuhan bangunan akibat insiden angin puting beliung tersebut.

Saat ini warga dan pemerintah desa, kecamatan dan aparat kepolisian dan TNI sedang melakukan proses evakuasi terhadap rumah yang hancur akibat tertimpa angin puting beliung.

Untuk jumlah rumah yang terkena angin puting beliung belum dihitung dan kerugiannya pun belum bisa diketahui namun jumlahnya diperkirakan puluhan rumah dan warga dibantu petugas masih fokus untuk pembersihan kediaman rumah warga yang terkena musibah angin puting beliung, kata Mamad.*

Baca juga: Angin kencang landa Kota Jambi, pohon besar tumbang

Baca juga: 26 rumah rusak akibat puting beliung Sarolangun Jambi

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023