Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Shanghai (Shanghai International Film Festival/SIFF) ke-25 dijadwalkan akan dimulai pada 9 Juni, demikian diumumkan pihak penyelenggara pada Selasa (4/4).

Menurut jadwal, Upacara Penghargaan Golden Goblet akan digelar di Shanghai Grand Theatre pada 17 Juni malam, sedangkan acara pemutaran (screening) film di seluruh Shanghai akan menambahkan sentuhan akhir festival itu pada 18 Juni.

SIFF menjadi satu-satunya festival film feature kompetitif internasional yang diakreditasi oleh Federasi Internasional Asosiasi-Asosiasi Produser Film di China.

Tahun ini, SIFF merayakan hari jadinya yang ke-30. Setelah ditunda selama setahun akibat epidemi, SIFF akan kembali diadakan sepenuhnya pada 2023.

Penghargaan Golden Goblet tahun ini terdiri dari lima kategori kompetisi, yakni film berdurasi panjang, talenta baru Asia, dokumenter, animasi, dan film pendek.

Penerimaan entri dari para kontestan telah dibuka secara internasional pada akhir tahun lalu, dengan batas waktu pengiriman 31 Maret tahun ini. Hampir 8.800 entri dari 128 lebih negara dan kawasan telah diterima.

Akan ada lebih dari 10 forum pada SIFF tahun ini yang membahas berbagai topik, seperti kerja sama internasional, inovasi pendidikan film, integrasi teknologi dan film, serta film-film fiksi ilmiah.

Dibentuk pada 1993, SIFF merupakan acara global kompetitif yang didorong oleh upaya Shanghai untuk menjadi pusat budaya internasional. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023