Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kompetisi pembuatan film pendek yang terbuka bagi kalangan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa nasional sebagai upaya mencetak sineas muda membanggakan.

Pendaftaran kompetisi bertajuk "iForte Festival Film Palembang" itu dibuka dari 20 Maret - 31 Mei 2023 buah kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi nasional PT iForte Solusi Infotek dan komunitas perfilman lokal Sumsel.

"Kegiatan ini untuk membangun kompetensi para pelajar dan mahasiswa di bidang non akademik khususnya dalam pembuatan film," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, di Studio Bioskop CGV Palembang, Rabu.

Menurutnya, kompetisi tersebut digelar satu rangkaian memeriahkan kalender wisata Festival Sriwijaya XXXI yang akan diselenggarakan 22-26 Juni 2023 di Plaza Benteng Kuto Besak, Palembang.

Adapun tema yang ditetapkan kepanitiaan setiap karya film pendek yang diperlombakan mesti menonjolkan ragam seni dan budaya yang ada di Kota Palembang, sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya abad ke-7.

Maka dari situ, ia menyebutkan, pemerintah mengharapkan melalui kompetisi tersebut tak hanya dapat melahirkan para sineas muda profesional dengan hasil karya yang berkualitas namun juga berwawasan kebudayaan yang baik.

"Mari memanfaatkan momen ini untuk menggali semua potensi diri di bidang perfilman dan memperkental wawasan kebudayaan kita, kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT iForte Solusi Infotek, Silvi Liswanda, menjelaskan sebagai panitia penyelenggara pihaknya tidak menentukan batasan jumlah kepesertaan untuk mengikuti kompetisi film ini.

Setiap karya peserta dari kalangan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa sederajat itu akan dinilai secara proporsional oleh dewan juri berkompeten dalam bidang perfilman dan kebudayaan nasional.

Pemenang kompetisi akan diumumkan pada acara penutupan Festival Sriwijaya, tanggal 26 Juni 2023.

Adapun pihak yang dilibatkan dalam proses penjurian seperti komunitas film Layar Taman Kota Palembang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hingga aktor, sutradara, produser ternama Indonesia di antaranya Kamila Andinisari.

“Setiap karya para finalis akan diputar selama pelaksanaan Festival Sriwijaya. Kami berharap melalui kegiatan ini para sineas muda dapat lebih termotivasi untuk berkarya dan membawa kebanggaan bagi Kota Palembang,” kata Silvi

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023