Toboali, Babel, (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan para pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H tidak menggunakan pelabuhan tikus, untuk menjamin keselamatan dalam perjalanan.

"Jangan gunakan pelabuhan tikus untuk mudik ke kampung halaman, lebih baik mudik menggunakan pelabuhan resmi milik pemerintah," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan Zamroni di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan banyak manfaat diperoleh oleh para pemudik kalau melewati pelabuhan atau terminal resmi terutama mengenai keselamatan dalam perjalanan.

"Kalau di pelabuhan resmi itu ada tiket yang dilengkapi dengan asuransi jasa raharja, selain itu juga alat transportasi yang digunakan juga layak pakai,"katanya.

Ia menjelaskan dalam waktu dekat akan melakukan patroli bersama unsur terkait untuk memantau situasi mudik yang tidak lama lagi akan ramai.

"Rencananya dalam waktu dekat kita akan melakukan pengecekan terhadap kondisi alat transportasi juga kesehatan para sopir agar keselamatan penumpang selamat sampai tujuan," katanya.

Pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Polres Bangka Selatan, ASDP, BPTD dan Dishub Provinsi Babel untuk bersama-sama mengamankan arus mudik ini.

"Kegiatan pengamanan ini juga bukan hanya saat arus mudik saja namun pada arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 ini dengan jadwal yang kita tentukan," katanya.

Ia berharap pemudik mengikuti imbauan dari pemerintah agar perjalanan mudik menuju kampung halaman dengan sehat dan gembira berkumpul bersama keluarga.

"Mudik ini harus berjalan dengan baik dan benar sesuai aturan yang ada, semoga tidak ada pemudik yang memakai pelabuhan atau terminal lain selain milik pemerintah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023