KPK tidak membicarakan kasus...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan Djoko Suyanto mengatakan, pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat, tidak membahas soal Andi Mallarangeng.

"KPK tidak membicarakan kasus, tetapi lebih pada bicara temanya rencana taktis ke depan," kata Djoko setelah mendampingi Presiden Yudhoyono menerima pimpinan KPK di Kantor Presiden, Jakarta.

Djoko bersama dengan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet mendampingi Presiden Yudhoyono saat menerima lima pimpinan KPK.

Djoko menjelaskan pertemuan tersebut membicarakan rencana dan strategi KPK ke depan dalam memberantas korupsi.

KPK melaporkan berbagai hal yang telah dilakukan oleh lembaga anti suap tersebut, terutama terkait dengan upaya pencegahan.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut KPK juga menyampaikan peta jalan kebijakan pencegahan korupsi yang disosialisasikan ke berbagai lembaga negara dan pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, dalam pertemuan dengan Presiden tersebut KPK menerangkan rencana dan strategi dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Menurut dia, ke depan, KPK akan melakukan pengintegrasian antara pendekatan, penindakan, dan pencegahan korupsi.

Sementara itu, selain Abraham, empat pimpinan KPK lainnya juga hadir dalam pertemuan dengan Presiden yakni Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Busyro Muqoddas, Zulkarnain, serta Adnan Pandu Praja.

Sebelumnya, KPK mengumumkan penetapan tersangka Menpora Andi Mallarangeng pada Kamis sore (6/12).

Andi Mallarangeng, Jumat, mengumumkan pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, serta dari kepengurusan partai sebagai Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat. Presiden Yudhoyono menyatakan menerima pengunduran diri Andi Mallarangeng.

(M041*P008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012