Jakarta (ANTARA) - Ketua kontingen Indonesia (CdM) SEA Games XXXII/2023 Lexyndo Hakim berharap menteri pemuda dan olahraga (menpora) yang nantinya menggantikan Zainudin Amali dapat bergerak cepat dalam menjalankan tugas.

"Waktu kita sudah tidak banyak lagi, kita harus gerak cepat bergandeng tangan baik itu menpora yang baru, NOC Indonesia dan tim CdM untuk bisa mengakomodir kebutuhan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para atlet kita yang akan berangkat ke SEA Games nanti," kata Lexy dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Amali secara resmi sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai menpora kepada Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Kamis. Namun ketika menyerahkannya, Amali mengatakan belum bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya pada 20 Februari, Amali menyebut Presiden Jokowi telah mengizinkan dirinya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola nasional setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam Kongres Luar Biasa yang digelar 16 Februari.

Baca juga: CdM optimistis dengan persiapan atlet Indonesia jelang SEA Games 2023

Lexy pun mengapresiasi Amali atas dedikasinya untuk olahraga Indonesia sebagai menpora selama hampir tiga tahun lima bulan.

"Kami apresiasi, terima kasih atas kinerja Pak Menpora Amali selama ini. Tentunya kami percaya Pak Amali bisa sukses di mana pun bertugas," kata Lexy.

Sejak dilantik menjadi menpora oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada 23 Oktober 2019, Amali mendapatkan amanah untuk mengurus sepak bola Indonesia.

Ia juga diminta untuk fokus pada pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan, sampai terbentuknya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadi program andalan Kemenpora dengan target pencapaian di 2045.

Selama Amali menjabat sebagai menpora, Indonesia berhasil mempertahankan tradisi emas di Olimpiade 2020 Tokyo dari cabang bulu tangkis ganda putri melalui Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Total, Indonesia membawa pulang satu emas, satu perak, dan tiga perunggu dari Tokyo.

Pada sisi lain, keputusan mundur Amali diumumkan 56 hari jelang penyelenggaraan SEA Games 2023 di Kamboja. Lexyndo berharap siapa pun yang akan menjadi menpora nantinya bisa bergerak cepat dan bersinergi dengan tim CdM untuk mencapai prestasi terbaik di Kamboja.

Baca juga: CdM: Ada potensi tambahan 6 emas di SEA Games 2023
Baca juga: CdM beri motivasi atlet wushu Indonesia untuk SEA Games Kamboja

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023