Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta yang terjadi pada Rabu (5/4), mulai dari layanan penukaran uang Bank Indonesia hingga program pemerintah untuk menekan kemacetan di Ibu Kota.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Layanan penukaran uang BI hadir di tiga lokasi Jakarta Barat

Layanan penukaran uang baru Bank Indonesia (BI) melalui program Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) hadir di tiga lokasi Jakarta Barat yakni Kantor Wali Kota, Pasar Slipi Palmerah, dan Masjid Raya Hasyim Asy'ari.

"Hari ini BI hadir di sini untuk melakukan penukaran uang bagi warga Jakarta Barat dalam program Serambi," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

2. Indeks kemacetan DKI Jakarta naik posisi ke-29 kota termacet di dunia

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan bahwa indeks kemacetan DKI Jakarta naik dari peringkat ke-46 menjadi posisi ke-29 kota termacet di dunia berdasarkan riset TomTom International.

"Peringkat terakhir yg dirilis TomTom Traffic Index Jakarta saat ini menempati peringkat 29 kota termacet di dunia setelah tahun sebelumnya di 2021 kita menempati peringkat 46," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini

3. Mendag: Satgas Pangan siap tindak tengkulak pasar dan penimbun sembako

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengimbau para penjual kebutuhan pokok agar tidak menimbun barang dagangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 karena aktivitas mereka diawasi oleh Satgas Pangan.

Zulkifli dalam Bazar Ramadhan di Gedung Olahraga (GOR) Cengkareng Jakarta Barat mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan sudah bekerja sama dengan satuan tugas (Satgas) di bawah naungan kepolisian untuk memantau para penimbun maupun tengkulak sembako di pasar-pasar.

Selengkapnya di sini

4. Dishub DKI rekayasa lalin di lampu merah Santa pada 5-12 April

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di lampu merah Santa atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo pada 5 - 12 April 2023 untuk mengurangi kepadatan.

"Kegiatan uji coba rekayasa lalu lintas di simpang Santa merupakan program manajemen dan rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan dalam rangka penanganan kemacetan di wilayah Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. Dishub DKI tambah lokasi penutupan “U-turn” jadi 32 titik

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa pihaknya menambah putaran balik atau U-turn yang awalnya 27 titik menjadi 32 yang akan ditutup untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

“Sekarang itu sudah menjadi 32 titik u-turn,” kata Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023