Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak lima armada kapal melayani arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan total kapasitas angkut 2.447 penumpang dan 438 unit kendaraan.

"Semua armada kapal sudah dilakukan uji petik dan hasilnya laik laut untuk berlayar rute Banjarmasin ke Surabaya," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Kamis.

Adapun lima kapal jenis roll-on/roll-off atau (Ro-Ro) itu dioperasionalkan dua operator yaitu PT Dharma Lautan Utama (DLU) sebanyak dua Kapal yakni KM Dharma Rucitra I kapasitas penumpang 663 jiwa dan 70 unit kendaraan serta KM Dharma Kartika IX kapasitas penumpang 598 jiwa dan 98 unit kendaraan.

Kemudian PT Berlian Lautan Sejahtera mengoperasikan tiga kapal yaitu KM Mila Utama kapasitas penumpang 420 jiwa dan 115 unit kendaraan, KM Niki Barokah kapasitas penumpang 409 jiwa dan 105 unit kendaraan serta KM Hai Da dengan kapasitas penumpang 357 jiwa dan 50 unit kendaraan.

Untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran tahun ini, KSOP Kelas I Banjarmasin bersama instansi terkait lainnya mendirikan Posko Angkutan Laut Lebaran yang dimulai 7 April hingga 8 Mei 2023.

Agustinus menyebut tahun ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 16,5 persen dari Lebaran tahun 2022 dengan jumlah orang yang mudik ke Surabaya 18.090 orang dan arus balik ke Banjarmasin mencapai 22.690 orang.

Sedangkan untuk puncak arus mudik diprediksi pada H-3 tanggal 19 April serta untuk puncak arus balik diprediksi H+3 pada tanggal 26 April 2023.
Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun memimpin apel gelar pasukan kesiapan Posko Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (6/4/2023). (ANTARA/Firman)


Agustinus memimpin apel gelar pasukan kesiapan pengamanan kelancaran arus mudik Lebaran yang menandai dimulainya Posko Angkutan Laut Lebaran di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin hari ini

Usai apel, dia meninjau gedung terminal seluas 2.000 meter persegi dengan kapasitas daya tampung 1.000 penumpang untuk ruang tunggu sebelum keberangkatan kapal.



Baca juga: Arus mudik- Penumpang naik 100 persen di Terminal KM-6 Banjarmasin


Baca juga: Arus balik di Kalsel sudah ramai

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023