Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 hijriah untuk kedatangan penumpang di Terminal Tipe B Terminal Kilometer 6 (KM-6) Banjarmasin naik 100 persen.

Menurut Dishub Kalsel melalui Kepala UPT Terminal Tipe B KM-6 Banjarmasin Tommy Hariadi di Banjarmasin, Jumat, hari ini, terpantau kedatangan penumpang untuk mudik lebaran ke kampung halaman di terminal KM-6 lebih ramai dari hari sebelumnya.

"Khususnya untuk jurusan antarprovinsi, sudah naik sekitar 100 persen," ujarnya.

Menurut dia, khusus untuk jurusan antarprovinsi atau Antarkota Antarprovinsi (AKAP) tujuan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) naik signifikan.

"Untuk jurusan Samarinda Kaltim aja sudah 12 bus berangkat dengan estimasi di atas 25 orang per bus naik dari terminal KM-6 Banjarmasin," tuturnya.

Belum lagi kedatangan penumpang untuk kejuruan lainnya, yakni, ke Palangkaraya atau Sampit, juga Tamiyang Layang hingga Bontok daerah Kalimantan Tengah, juga naik signifikan pada hari ini.

Ditambah, tutur Tommy, untuk jurusan Antarkota dalam provinsi (AKDP), yakni, jurusan Banua Enam meliputi Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan.

Jurusan AKDP lain adalah Palaihari, Batulicin dan Kotabaru, total kedatangan penumpang terpantau juga naik 100 persen.

"Jadi perkiraan kita lebih 1.000 penumpang hari ini datang ke terminal KM-6 hari ini, dari semua jurusan itu, baik AKAP maupun AKDP," ujarnya.

Sebab dihari-hari biasa di luar momen mudik lebaran ini, maksimal penumpang yang datang dari semua jurusan itu sekitar 500 orang.

Menurut Tommy, dengan mulai libur masuk kantor pada hari ini bagi ASN, mudik lebaran mulai memuncak.

"Kita perkirakan hingga besok (30/4/2022) puncak mudik akan terjadi," ujarnya.

Pihaknya sebagai pengelola terminal sudah menyiapkan untuk kenaikan kedatangan penumpang mudik lebaran ini, yakni, mendirikan pos pengamanan dan berfungsi lainnya.

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan juga adanya pos kesehatan dan layanan vaksinasi COVID-19.
Penumpang yang akan mudik menggunakan bus AKAP jurusan Samarinda Kaltim di Tetminal Km-6 Banjarmasin, Jumat (29/4/2022). Antara/Ho

Pewarta: Sukarli
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022