Diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang 30,1 persen dibandingkan tahun 2022 sebanyak 123.723 penumpang
Banjarmasin (ANTARA) - Manajemen Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 mencapai sebanyak 160.960 orang.

"Diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 30,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 123.723 penumpang," kata General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Dony Subardono di Banjarbaru, Jumat.

Aktivitas pesawat juga diprediksi tumbuh 12,3 persen dengan total 1.177 pergerakan dibanding periode sebelumnya sebesar 1.048 pergerakan.

Selaras pula dengan jumlah kargo yang bertambah 11,73 persen sejumlah 1.143.358 kilogram dibandingkan tahun sebelumnya 1.023.360 kilogram.

Selama periode mudik Lebaran 2023 ini, Bandara Syamsudin Noor melayani penerbangan penumpang dengan sembilan rute yaitu Jakarta, Surabaya, Kulon Progo, Semarang, Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Muarateweh  dan Kualapambuang.

Baca juga: Bandara Syamsuddin Noor siap operasional pertengahan November

Untuk menghadapi mudik Lebaran 2023, manajemen Angkasa Pura I menggelar Posko Angkutan Udara Idul Fitri 2023 yang selama 19 hari dimulai 14 April hingga 2 Mei 2023 dengan kolaborasi antara personel internal Angkasa Pura I dan unsur eksternal terkait.

Dony menyebut serangkaian persiapan dan program serta koordinasi aktif telah dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah aktivitas di bandara maupun kondisi abnormal.

Antara lain pelaksanaan inspeksi keselamatan angkutan lebaran, pengecekan fasilitas berkala, komite keamanan bandara hingga persiapan para personel operasi.

Angkasa Pura I juga telah mempersiapkan sejumlah program untuk meningkatkan keselamatan, penanganan keadaan darurat, kecelakaan dan situasi mendesak selama periode mudik ini berlangsung.

Dony berharap pengguna jasa dapat berkumpul bersama sanak saudara dengan aman, nyaman, dan bahagia dengan menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor.

"Tidak perlu khawatir karena fasilitas kebandarudaraan maupun para petugas di lapangan sudah dipastikan siap melayani para penumpang dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor berbentuk kelotok dan berlian

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor siap layani penerbangan haji


Pewarta: Firman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023