Banjarbaru (ANTARA) - On time performance (OTP) atau layanan secara tepat waktu dalam penerbangan mencapai angka 85 persen di Bandara Internasional Syamsudin Noor menjadi yang terbaik nomor 1 dari 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I selama melayani masa mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami bersyukur atas capaian terbaik tahun ini, artinya selama masa mudik penerbangan baik kedatangan dan keberangkatan sesuai jadwal," kata General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Syamsudin Noor Dony Subardono di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa.

Dalam penerbangan, OTP merupakan hal terpenting yang sangat mempengaruhi kualitas layanan transportasi karena menjadi ukuran kinerja dalam memberikan layanan secara tepat waktu.

Jika kerap terjadi penundaan penerbangan (flight delay) maka nilai OTP pada suatu bandara rendah.

Selama arus mudik dan arus balik Lebaran terhitung 14 April 2023 sampai 2 Mei 2023, Bandara Syamsudin Noor dilintasi sebanyak 168.439 penumpang.

Dony menyebut terjadi peningkatan sebesar 14 persen dibandingkan periode angkutan mudik Lebaran tahun 2022.

Begitu juga aktivitas pergerakan pesawat tumbuh 12 persen dengan total 1.414 penerbangan di banding tahun 2022.

Adapun puncak keberangkatan tertinggi terjadi pada H-1 atau 21 April 2023 sebanyak 6.887 penumpang dan arus balik terjadi pada H+8 atau 1 Mei 2023 dengan total kedatangan 6.492 penumpang.

Pada masa mudik Lebaran tahun ini juga terjadi penambahan penerbangan tambahan (ekstra flight) sebanyak 256 penerbangan dengan rute Surabaya, Yogyakarta dan Semarang.

Dony menyatakan selama masa mudik kondisi operasional bandara berjalan normal, aman dan terkendali.

Dia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para petugas di lingkungan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor, TNI, POLRI, Basarnas, BMKG, dan para mitra pemangku kepentingan yang membantu kelancaran pelaksanaan Posko Lebaran Idul Fitri.

"Posko resmi ditutup hari ini dengan semangat terus berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan tugas melayani para pengguna jasa kebandarudaraan," ujarnya.


Baca juga: Bandara Syamsudin Noor dilintasi 117.383 penumpang hingga H+4 Lebaran

 

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023