Banjarbaru (ANTARA) - Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan telah dilintasi sebanyak 117.383 penumpang hingga H+4 Lebaran terhitung sejak 14 April 2023 lalu.

"Ada pertumbuhan 15 persen dibanding tahun lalu 101.980 penumpang," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Jumat.

Peningkatan juga terjadi pada pergerakan pesawat yang tumbuh 13 persen dari tahun lalu 907 penerbangan menjadi 1.025 penerbangan tahun ini.

Sedangkan data terakhir pada penerbangan Kamis (27/4), ada 8.519 penumpang yang diangkut dalam 64 penerbangan, terdiri  4.675 penumpang datang dari 32 penerbangan dan 3.844 penumpang berangkat dari 32 penerbangan pula.

Zulfian menyebut arus balik masih terjadi ditandai dengan kedatangan lebih banyak dibandingkan keberangkatan.

Diketahui pada saat mudik sebelum Lebaran, Bandara Internasional Syamsudin Noor lebih banyak diwarnai pemudik yang berangkat ke sembilan kota yaitu Jakarta, Surabaya, Kulonprogo, Semarang, Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Muarateweh, dan Kualapambuang.

"Kami prediksi arus balik berakhir pada akhir pekan ini dengan kembalinya semua pemudik ke Banjarmasin, setelahnya penumpang reguler untuk keperluan pekerjaan, liburan dan sebagainya," jelas Zulfian.

Baca juga: 9.366 pemudik kembali ke Kalsel via Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
Baca juga: AP I hadirkan gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023