Kalau untuk Hutama Karya dan Waskita Karya kita imbau untuk memberikan diskon tarif tol di jalur-jalur tertentu.
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus (Stafsus) III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengimbau perusahaan-perusahaan BUMN yang bergerak dalam pengelolaan jalan tol yakni Hutama Karya dan Waskita Karya, untuk memberikan diskon tarif tol kepada pemudik selama periode arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Kalau untuk Hutama Karya dan Waskita Karya kita imbau untuk memberikan diskon tarif tol di jalur-jalur tertentu," ujar Arya di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, hal ini sesuai dengan imbauan dari Menteri BUMN, sama seperti Kementerian PUPR melalui Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), untuk bisa memberikan diskon tarif tol di jalur-jalur tertentu yang dilintasi oleh arus mudik dan balik.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan bahwa pihaknya memprioritaskan pelayanan pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Kami mengutamakan pelayanan terlebih dahulu," kata Subakti.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam rangka memaksimalkan distribusi lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Diskon tarif tol 20 persen ini hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.
Baca juga: Menteri PUPR dorong asosiasi beri diskon tarif jalan tol selama mudik
Baca juga: Menteri PUPR ajak BUJT beri diskon tol saat mudik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023