Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan bahwa Lintas Raya Terpadu (LRT) atau kereta api ringan Jabodebek yang sedang dibangun di Jakarta merupakan proyek yang memberikan manfaat optimal bagi bangsa Indonesia karena menggunakan teknologi terbaik dan paling efisien buatan dalam negeri.

“Mau tidak mau, INKA harus belajar. Memang ada sumber daya lebih yang harus kita alokasikan. Tetapi itu konsekuensi dari sebuah alih teknologi. Ada waktu lebih yang diberikan. Dan sekarang, ketika INKA harus membangun hal yang sama, sudah gampang. Untuk pertama kali memang lebih berat. Itu konsekuensinya, jadi wajar,” ujar Arya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut Arya, LRT yang dibangun saat ini di Jakarta merupakan produk yang memiliki spesifikasi INKA dengan teknologi generasi terbaru. Setiap alih teknologi akan ada konsekuensinya. Sekarang Indonesia mampu membangun LRT generasi terbaru dan terbaik, tetapi dibuat oleh perusahaan lokal.

Melalui PT INKA (Persero), Indonesia menangkap alih teknologi dari sebuah proyek infrastruktur dengan konsep teknologi terbaru di dunia, yaitu LRT tanpa masinis.

Terkait longspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan LRT yang tanpa tiang dan mengharuskan LRT bergerak lebih lambat, Arya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pilihan tepat, baik dari sisi ekonomi maupun konstruksi. Longspan yang panjang tanpa tiang tambahan akan membuat LRT jauh lebih efisien. Tanpa tiang membuatnya lebih efisien. Memang ada konsekuensi dari efisiensi ini yaitu kereta jalannya menjadi agak lambat.

“Dari sisi ekonomi, ini pun lebih ekonomis dibandingkan harus bangun tiang. Ataupun memperbesar ruang bagi LRT. Dan itu dari sisi waktu tidaklah begitu banyak, karena toh tidak terlalu panjang longspan tersebut. Jadi dari sisi waktu tidak merugikan. Dan jika membangun tiang-tiang di tengah, maka akan jauh lebih mahal,” jelas Arya.

Dia menambahkan bahwa ke depan Indonesia tidak perlu harus impor teknologi jika ingin membangun LRT secanggih LRT Jakarta.

“Masa kita mau impor terus. Kita ingin (diproduksi) di dalam negeri. Kita melakukan pembelajaran. Ini pembelajaran yang mahal, namun INKA ke depan semakin jago, membuat LRT yang bagaimana pun, dia akan sudah siap. Dan ini teknologi terbaru lagi,” kata Arya.

Baca juga: Jokowi minta LRT Jabodebek beroperasi jika uji coba sudah berhasil
Baca juga: Menhub sebut laju LRT Jabodebek sudah lebih halus dan nyaman
Baca juga: Konsultan: LRT Jabodebek bikin properti TOD menarik bagi masyarakat

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023