Salah satu fungsi partai politik adalah memperjuangkan kepentingan, aspirasi, dan nilai-nilai pada masyarakat serta memberikan perlindungan dan rasa aman
Padang (ANTARA) - Anggota MPR RI Emma Yohanna mengajak partai politik di Tanah Air untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila karena dinilai memiliki pengaruh besar untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Anggota partai politik harus terlibat aktif memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila," kata anggota MPR RI Emma Yohanna di Padang, Kamis.

Emma mengatakan salah satu fungsi partai politik adalah memperjuangkan kepentingan, aspirasi, dan nilai-nilai pada masyarakat serta memberikan perlindungan dan rasa aman.

Ia mengatakan melihat pentingnya Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bagi anak bangsa, MPR RI terus gencar menyosialisasikan pemahaman empat pilar kepada seluruh elemen bangsa.

Sosialisasi tersebut tidak hanya kepada partai politik tetapi juga bagi akademisi perguruan tinggi, kalangan birokrat, organisasi masyarakat, serta organisasi agama dan masyarakat.

"Empat pilar bisa direalisasikan dalam kehidupan masyarakat sehingga menumbuhkan rasa persatuan dan cinta Tanah Air," ucapnya.

Terakhir, senator asal Sumbar itu mengajak partai politik di Tanah Air termasuk PPP terus berperan aktif melakukan pendidikan politik kepada kader dan masyarakat. Termasuk sikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta merawat peninggalan para pendiri bangsa.

"Saya yakin PPP mampu menjadikan Pancasila sebagai ruh perjuangan dalam menciptakan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia.

Baca juga: Anggota DPD RI dukung Kampung Literasi Air Terbit Panti Pasaman
Baca juga: HNW tegaskan Empat Pilar MPR RI lanjutkan teladan pendiri bangsa

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023