Ankara (ANTARA News) - Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Pakistan Asif Ali Zardari akan menggelar pertemuan di Turki pada Selasa (11/12) dan Rabu (12/12) untuk menyelesaikan masalah terkait klaim yang dilakukan oleh Kabul bahwa penyerangan berencana terhadap ketua lembaga mata-matanya melibatkan Pakistan.

Percobaan pembunuhan terhadap Ketua Direktorat Keamanan Nasional (NDS) Asadullah Khalid dilakukan pada Kamis (6/12) oleh penyerang yang mengaku sebagai utusan perdamaian Taliban, namun diketahui membawa sebuah bom tersembunyi di balik pakaiannya.

Menteri Luar Negeri Pakistan membantah klaim tersebut dan menyatakan siap membantu investigasi tindak pidana tersebut.

Presiden Turki Abdullah Gul beserta timpalannya dari Pakistan Asif Ali Zardari dan Karzai akan membahas langkah-langkah yang dapat memperkuat hubungan kerja sama bilateral antara Pakistan dan Afghanistan, terutama dalam hal keamanan, kata diplomat nomor satu Turki kepada AFP, Minggu.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Ankara itu akan menjadi pertemuan keenam yang digelar di Turki sebagai salah satu anggota NATO sejak dimulainya pertemuan rutin pada 2007 untuk mendorong kedua negara tersebut bekerja sama melawan ekstremisme.

(R027/C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012