Tanjungpinang (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Suhajar Diantoro menyalurkan bantuan dalam bentuk barang-barang harian untuk korban bencana longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

Bantuan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kota Tanjungpinang, Jumat (7/4).

"Ini paket bantuan susulan yang kami titipkan ke warga Pulau Serasan, lewat BPBD Kepri," kata Suhajar Diantoro usai menyerahkan bantuan secara simbolis di kantor BPBD Kepri.

Suhajar menyebut bantuan tersebut bersumber dari organisasi kemanusiaan yang bekerja sama dengan Kemendagri.

Total ada sekitar 100 paket kebutuhan harian bagi para korban longsor di Pulau Serasan, seperti peralatan mandi, popok bayi, hingga selimut.

"Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," ucap Suhajar.

Beberapa waktu lalu, Suhajar juga berkunjung langsung guna melihat kondisi korban pasca kejadian longsor di Pulau Serasan, Natuna.

Dalam kesempatan itu, mantan Sekdaprov Kepri ini turut menyalurkan bantuan kemanusiaan yang berasal dari lingkungan Kemendagri, Kopri, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Sementara itu, Kepala BPBD Kepri Muhammad Hasbi menyampaikan bantuan barang tersebut bakal dikirim ke Pulau Serasan menggunakan kapal roro pada tanggal 13 April 2023.

"Bantuan ini akan disalurkan kepada korban longsor Serasan, sesuai arahan Pak Sekjen Kemendagri," kata Hasbi.

Hasbi juga memastikan pasokan logistik di lokasi longsor Pulau Serasan sampai sejauh ini masih cukup. Situasi di pulau terluar itu pun sudah mulai kondusif, di mana sebagian besar warga di tempat pengungsian sebelumnya sudah pulang ke rumah. Namun, memang masih ada sejumlah warga yang mengungsi karena rumah mereka luluh lantak tertimbun longsor.

"Mereka yang mengungsi, ada di rumah keluarga atau saudara hingga di pos lintas batas negara (PLBN)," ucap Hasbi.

Pewarta: Ogen
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023