PLN Batam bersama PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepri memberikan bantuan kelistrikan berupa lima set mesin genset, 10 set lampu sorot, dan tujuh set kabel gulung, kepada warga yang terkena bencana
Batam (ANTARA) - PT PLN (Persero) beri bantuan peralatan kelistrikan berupa mesin genset, kabel, dan lainnya, untuk korban bencana tanah longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam Hamidi Hamid mengatakan pemberian bantuan kelistrikan ini merupakan hal penting yang harus segera disalurkan karena banyak kegunaannya.

“PLN Batam bersama PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepri memberikan bantuan kelistrikan berupa lima set mesin genset, 10 set lampu sorot, dan tujuh set kabel gulung, kepada warga yang terkena bencana,” ujar Hamid dari keterangan yang diterima di Batam, Kamis.

Dia menjelaskan bantuan kelistrikan ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan baik oleh korban bencana maupun tim tanggap bencana yang berada di lokasi kejadian.

“Ini sangat penting, karena bisa membantu pencarian korban dan membantu jaringan komunikasi di sana,” katanya. 

Pihaknya juga mengirimkan 700 paket sembako yang akan dikirimkan secara bertahap.

Baca juga: Kepala BNPB: Segera pulihkan jaringan komunikasi pasca-longsor Natuna

Dia memastikan PLN terus berupaya melakukan pemulihan pasokan listrik di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur pasca-bencana longsor. PLN telah mengerahkan 25 orang petugas yang ada di Serasan serta petugas dari Ranai.

Saat ini ada 16 trafo dan baru menyala di 6 trafo, sedangkan 10 trafo lagi masih terputus di lokasi longsor. Sementara itu 780 pelanggan listrik sudah menyala kembali.

“Ada sembilan tiang yang tumbang, sehingga saat ini hanya menyisakan dua desa saja yang nyala yaitu Desa Lampung Ilir dan Tanjung Setelung, serta sebagian Air Raya. Untuk mendukung proses pemulihan PLN telah menerjunkan petugas," katanya.

Dia menambahkan dalam memulihkan jaringan listrik pasca bencana, petugas juga mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal ini karena kondisi cuaca di wilayah tersebut masih ekstrem dan tidak menentu.

"Selalu bekerja dengan SOP dan pastikan kerja dengan aman sesuai dengan prosedur K3. PLN Batam hadir untuk memberikan perhatian, dukungan, dan semangat buat warga Serasan, Natuna. Semoga kondisi ini cepat berlalu dan kejadian serupa tidak pernah terjadi lagi ke depannya," ujar Hamidi.

Baca juga: Tanggapi longsor Natuna, Luhut ajak masyarakat jaga kelestarian alam
Baca juga: PLN tuntaskan 100 persen desa berlistrik di Natuna

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023