Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan bantuan belanja uang sebesar Rp525 juta untuk para korban tanah longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

"Bantuan ini bersumber dari para Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemprov Kepri,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai menyerahkan bantuan untuk masyarakat Natuna di Gedung Sri Srindit, Ranai, Rabu.

Gubernur berharap bantuan tersebut dapat membantu beban korban terdampak tanah longsor jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/tahun 2023.

Selain itu, kata dia, ada juga bantuan sebesar Rp20 juta ditambah beras 6,4 ton dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kepri untuk korban terdampak tanah longsor di Serasan.

“Mari doakan bersama, semoga saudara-saudara kita yang meninggal akibat longsor diterima dan menjadi tamu Allah SWT,” ucap Ansar.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Ansar turut menyalurkan bantuan belanja uang untuk Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Posyandu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Insentif Guru Pendidikan Keagamaan Non Formal, Penyuluh Agama Non PNS, dan Pemuka Agama Tetap pada Rumah Ibadah se-Kabupaten Natuna.

Baca juga: Anambas kirim bantuan bagi korban tanah longsor Serasan Natuna

Baca juga: Bantuan kemanusiaan bencana longsor dari Kapolri tiba di Serasan


Ia menyampaikan bahwa bantuan untuk RT, RW dan BPD akan disalurkan sekitar sepuluh hari sebelum Lebaran. Sedangkan untuk kader Posyandu disalurkan setelah Lebaran menyesuaikan arus kas keuangan daerah.

"Kami juga akan menyalurkan bantuan insentif untuk guru swasta," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri telah memberikan bantuan untuk masyarakat Natuna.

“Bantuan ini sangat diharapkan bagi penerima, dan mudah-mudahan bermanfaat sehingga dapat memulihkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Selain penyerahan bantuan, Siswandi berharap melalui kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, khususnya di Natuna.

Baca juga: Bantuan logistik Kemensos ke Serasan terkendala cuaca

Baca juga: KRI Bontang - 907 bawa bantuan logistik pengungsi tiba di Serasan

Pewarta: Ogen
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023