Terima kasih kepada Bu Menteri Sosial yang jauh-jauh bersedia datang mengunjungi dan memberikan berbagai bantuan kepada kami. Terima kasih kasih Bu
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi serta memberikan berbagai bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada Senin malam (25/3/2024).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Selasa, Mensos Risma mengatakan pihaknya sedang memikirkan keberlanjutan penghidupan para penyintas yang kini telah kehilangan lahan pertanian sebagai sumber ekonomi keluarga. Ia pun menawarkan penyintas untuk menjadi peternak serta kursus menjahit kepada ibu-ibu.

Baca juga: PMI Cianjur siapkan 25 relawan bantu longsor di Bandung Barat
 
"Yang penting sekarang Ibu sehat, Ibu semangat. Kalau rumah pasti nanti ada gantinya" ujar Mensos Risma.
 
Selain tawaran tersebut, Kementerian Sosial juga telah menyalurkan berbagai bantuan dari empat gudang, yaitu Sentra Wyata Guna Bandung, Dinsos Provinsi Jawa Barat, Sentra Abiyoso Cimahi, serta Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung.
 
Bantuan tersebut berupa kasur, selimut, family kit, kidswear kit, sandang dewasa, sandang anak, serta berbagai bantuan lainnya. Selain itu Kemensos juga mendirikan tenda serta dapur umum.
 
“Kami menyediakan sebanyak 550 porsi makanan siap saji sekali produksi,” kata Ketua Tim Dapur Umum dari Tagana Bandung Barat Soleh.
 
Salah seorang penyintas Siti Nurjamila (30) yang kini tinggal di penampungan meminta bantuan kepada Mensos Risma agar mengerahkan petugas untuk mencari tetangganya yang hilang. Ia juga menyampaikan kesedihannya karena rumah serta harta bendanya hancur.
 
Sementara penyintas lainnya, Arifin (40) menyatakan kakak beserta dua anggota keluarganya masih hilang. Ia masih menunggu sambil berdoa agar tim bisa menemukan anggota keluarganya yang hilang terbawa banjir dan longsor.

Baca juga: SAR optimalkan fungsi pompa alkon cari korban banjir di Bandung Barat
 
Besarnya kepedulian Kementerian Sosial terhadap para korban membuat Arifin merasa sangat diperhatikan.
 
“Terima kasih kepada Bu Menteri Sosial yang jauh-jauh bersedia datang mengunjungi dan memberikan berbagai bantuan kepada kami. Terima kasih kasih Bu…” katanya.
 
Sebelumnya, bencana banjir dan tanah longsor akibat hujan deras menimpa Desa Cibenda yang terletak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Bandung pada Minggu (24/3) malam sekitar pukul 23.00.
 
Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah, jembatan dan lahan pertanian. Tak sampai 24 jam, Mensos Risma pun langsung mengunjungi lokasi untuk melihat kondisi para korban dan menyalurkan berbagai bantuan.
 
Ada sekitar 436 jiwa dari 115 keluarga yang mengungsi di GOR Betah dan SDN Padakati, Desa Cibenda serta sejumlah warga masih dalam proses pencarian akibat bencana alam tersebut.

Baca juga: BPBD Jabar-SAR fokus cari 10 warga tertimbun longsor di Bandung Barat

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024