Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial melalui Sentra Handayani Jakarta membantu Bintang Cahaya Ramadini (15), pengidap penyakit ginjal bocor dengan memberikan berbagai bantuan serta kesempatan tinggal di Rusun Sentra Mulya Jaya Bambu Apus, Jakarta Timur yang nyaman dan tenang.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Jumat malam, berbagai bantuan tersebut meliputi sembako, nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, kasur, baju harian, pakaian dalam, mukena, dan pembelian obat yang tidak ditanggung BPJS.
 
Bukan hanya itu, Kementerian Sosial juga membantu orang tua Bintang melalui program bantuan kewirausahaan PENA berupa modal usaha untuk berdagang sayuran, mie instan rebus, serta kopi seduh di depan rumahnya.
 
Saat ini, Bintang dan keluarga pun berkesempatan tinggal dan menghuni Rusun Sentra Mulya Jaya Bambu Apus yang nyaman, bersih, dan tenang sehingga membuat dirinya bisa kembali bersosialisasi dengan teman sebaya di rusun tersebut.
 
Ia kembali ceria karena merasa senang bisa tinggal di Rusun Sentra Mulya Jaya di Jakarta Timur milik Kementerian Sosial yang nyaman dan tenang.
 
Bintang mengidap penyakit ginjal bocor sejak Juni 2023 dan harus menjalani cuci darah dua kali seminggu. Bapak kandungnya Muhalim bekerja sebagai tukang becak dengan penghasilan yang tak seberapa sehingga kesulitan untuk membiayai pengobatan Bintang.
 
Orang tua Bintang juga berharap anaknya bisa segera sembuh, bisa bertumbuh dan berkembang seperti anak-anak seusianya. Tak lupa ayah kandung Bintang juga bersyukur telah mendapatkan perhatian dari Kementerian Sosial sehingga anaknya bisa mudah menjalani masa pengobatan.
 
“Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Ibu Menteri Risma untuk segala yang sudah diberikan kepada kami,” kata Muhalim.

Baca juga: Kemensos berdayakan KPM Pena lewat pelatihan pembuatan slipper hotel

Baca juga: Bantuan Atensi Kemensos kembangkan usaha penyandang disabilitas 

Baca juga: Kemensos bantu remaja sakit kulit di Maluku Tengah berobat ke Jakarta

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024