Harapannya, dapat mendorong pergerakan perekonomian Jawa Timur selama Ramadhan dan meningkatkan literasi keuangan digital
Surabaya (ANTARA) - Bank Jatim bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggelar pameran "JConnect Ramadhan Festival" di Ciputra World Mal Surabaya pada 7-30 April 2023 untuk mendorong literasi keuangan digital.

Direktur Mikro, Ritel dan Menengah Bank Jatim Arief Wicaksono saat membuka JConnect Ramadhan Festival di Surabaya, Jumat, mengatakan acara yang diikuti oleh lebih dari 30 tenant fesyen, food & beverages, exclusive tenant, serta UMKM binaan merupakan bentuk apresiasi pihaknya kepada loyalty customer.

"Harapannya, dapat mendorong pergerakan perekonomian Jawa Timur selama Ramadhan dan meningkatkan literasi keuangan digital. Sebab, semua transaksi penerimaan pembayaran tenant dalam kegiatan JConnect Ramadhan Festival ini menggunakan rekening Bank Jatim," katanya.

Arief mengatakan tenant yang mengikuti open booth dipastikan akan memberikan diskon yang menarik untuk pengunjung yang bertransaksi menggunakan layanan Bank Jatim.

"Pengunjung bisa pakai QRIS Bank Jatim ataupun JConnect (mobile banking Bank Jatim) untuk melakukan berbagai macam transaksi di event ini," ujarnya.

Baca juga: Khofifah minta Bank Jatim beri pendampingan manajemen pedagang pasar

Baca juga: Bank Jatim dan Pemkab Tuban kerja sama luncurkan Agen Jatim


Arief juga memaparkan JConnect merupakan bentuk literasi keuangan cashless society dan bentuk dukungan Bank Jatim terhadap perkembangan UMKM di Jawa Timur.

Kehadiran JConnect menjadi solusi bagi seluruh kebutuhan masyarakat akan layanan keuangan digital. Berbagai macam transaksi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun cukup dengan ponsel pintar.

"Apabila masyarakat ingin belanja, top up e money, bayar tiket, bayar zakat infaq sodaqoh wakaf, hingga bayar pajak semua bisa dilakukan dengan JConnect. Sangat praktis," tuturnya.

Dia mengungkapkan JConnect sepanjang tahun 2022 mengalami pertumbuhan sangat pesat. Pengguna JConnect Mobile sudah tembus lebih dari 508.000 sampai akhir Desember 2022. Kemudian, JConnect QRIS juga telah diikuti oleh lebih dari 62.500 merchants.

Tidak cukup di situ saja, peminat JConnect Corporate Internet Banking juga cukup tinggi, mencapai lebih dari 6.300 pengguna dan pelaku JConnect Laku Pandai berada di angka 3.000 agen.

Semua itu, kata Arief, membuktikan bahwa digitalisasi dalam dunia perbankan memiliki potensi yang besar untuk digarap. "Bank Jatim berkomitmen akan terus melakukan inovasi yang tiada henti untuk perkembangan JConnect demi kemudahan masyarakat," tutur Arief.

Sementara itu, selama 24 hari ke depan, JConnect Ramadhan Festival akan menyajikan berbagai macam kegiatan. Tidak hanya pameran saja, tetapi juga beragam kegiatan yang menarik dan edukatif. Misalnya, kegiatan lomba mewarnai anak, lomba fesyen, dan penampilan musik islami.

"Bagi pengunjung yang ingin melakukan pembukaan rekening Bank Jatim dan juga penukaran uang baru juga bisa di sini. Namun, untuk tukar uang pecahan baru hanya ada di hari-hari tertentu," ujar Arief.

Baca juga: Bank Jatim cetak laba bersih senilai Rp1,54 triliun pada 2022

Baca juga: Bank Jatim salurkan kredit Rp46,19 triliun selama 2022


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023