Depok (ANTARA) - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) dinobatkan sebagai Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia oleh EduRank.org.

Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N, dalam keterangannya, Jumat menyatakan rasa bangganya ditetapkan sebagai yang terbaik di Indonesia serta peringkat ke-36 di Asia.

Menurut dia tentu saja hal ini sejalan dengan visi FIK UI untuk menjadi pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang adaptif, peka budaya, dan berdaya saing untuk berkontribusi bagi pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia pada tahun 2035.

Selain itu, FIK UI menempati peringkat ke 362 untuk Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di dunia. Pemeringkatan EduRank.org kali ini dinilai berdasarkan reputasi, kinerja penelitian, serta dampak oleh alumni.

Dengan menggunakan basis data 5,11ribu sitasi dari 2,05 ribu publikasi ilmiah terindeks yang dibuat oleh 11 universitas di Indonesia digunakan untuk menghitung peringkat publikasi dan kemudian disesuaikan dengan tanggal rilis serta ditambahkan ke nilai akhir.

Dalam proses pemeringkatannya, EduRank menggunakan database Microsoft Academic sebagai proksi untuk mengumpulkan publikasi ilmiah dan sitasi, kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik untuk menghitung bobot setiap publikasi.

EduRank juga menggunakan pendekatan yang sama dengan Google dan mesin telusur modern lainnya untuk menghitung reputasi website individual dan tautan balik dari situs lain.

Tidak hanya itu, EduRank juga melihat profil para alumni yang berkontribusi lebih kepada negara dan dunia. Profil para alumni yang terafiliasi dengan Wikipedia tersebut dilihat dan menjadi salah satu indikator penilaian.

Selain dinobatkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia veris EduRank, saat ini seluruh program studi di FIK UI meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAPM-PTKes) serta untuk Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners juga telah terakreditasi internasional dari Accreditation Agency in Health and Social Sciences (AHPGS) dan Asean University Network (AUN QA).

"Terima kasih atas kepada sivitas, alumni, serta stakeholder yang telah membawa FIK UI pada pencapaian ini. Tidak boleh berpuas hati. FIK UI terus berkomitmen untuk terus menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang siap melayani masyarakat dan terus bekerja di penelitian atau program yang memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia," demikian Agus Setiawan.

Baca juga: Kemenag gelar lokakarya kaligrafi hingga sertifikasi halal di UI
Baca juga: Akademisi: Inovasi sosial solusi menuju Indonesia Unggul

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023