Madrid (ANTARA News) - Radamel Falcao merayakan satu malam tak terlupakan setelah penyerang dambaan Atletico Madrid ini menjaringkan lima gol ke gawang Deportivo Coruna.

Falcao menjadi pemain pertama La Liga yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan selama lebih dari satu dekade terakhir.

Fernando Morientes adalah pemain terakhir yang mencetak lima gol dalam satu laga ketika bermain untuk Real Madrid selagi menghadapi Las Palmas Februari  2002.

Falcao sendiri adalah pemain pertama Atletico yang melakukan prestasi ini, saat menghajar Deportivo 6-0 untuk mencengkram di posisi kedua klasemen atau enam poin di bawah Barcelona.

"Saya pernah mencetak lima gol dalam satu pertandingan ketika saya kecil dulu di Bogota," kata pemain Kolombia berjuluk "si harimau" itu dalam laman Atletico (www.clubatleticodemadrid.com).

"Dan saya pernah mencetak empat gol untuk Porto saat melawan Villarreal, tidak pernah lima gol selama menjadi pemain profesional," tambahnya seperti dikutip Reuters.

"Saya begitu bahagia kala datang ke Atletico Madrid. Adalah tantangan pribadi untuk bermain pada liga agung seperti ini di mana banyak sekali pemain bagus.

"Saya menikmatinya. Saya punya pasukan hebat di sekeliling saya yang mendukung saya dan membantu saya berkembang menjadi seorang profesional."

Falcao mencetak 16 gol dari 15 laga klubnya musim ini, tiga gol lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dan tujuh gol di bawah top skor Lionel Messi dari  Barcelona.

Prestasinya ini diperkirakan akan membuat salah satu dari klub-klub terkaya di Eropa meliriknya.

Pemain berusia 26 tahun telah dikait-kaitkan dengan klub-klub beranggaran belanja raksasa seperti Paris St Germain, Chelsea dan Manchester City, bahkan dibidik tim sekota yang menjadi rival Atletico, yaitu Real Madrid.

Pelatih Atletico Diego Simeone mempertahankan kehadiran Falcao di klubnya.

"Pendukungnya mencintai dia, rekan-rekan setimnya menghormati dia dan mereka mengikuti arahannya di lapangan," kata pelatih asal Argentina yang juga mantan pemain Atletico yang mengangkat lagi peruntungan Atletico sejak melatihnya Desember 2011.

"Hari ini adalah hari bersejarah untuk dia," sambungnya. "Saya tak tahu apakah ada pemain Atletico lainnya yang dapat mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Saya berharap itu menjadi pendorong.

"Falcao melambangkan ambisi, kesenangan, selalu ingin lebih."     (*)    

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012