Kudus (ANTARA) -
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) berupaya mengajak masyarakat bertransaksi non tunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau pembayaran menggunakan kode QR dengan menawarkan diskon semua produk yang dijual pada Pasar Ramadhan Simpedes 2023.
 
Pasar Ramadhan Simpedes 2023 tersebut, digelar secara serentak di dua titik, yakni di halaman Susu Moeria Jalan Pemuda dan Food Court Kompak Corner Krandon Kudus.
 
Masyarakat silakan memanfaatkan kesempatan tersebut karena kami menawarkan diskon 20 persen untuk pembayaran menggunakan QRIS.

"Sedangkan pasar Ramadhannya berlangsung sejak tanggal 1 April dan berakhir 16 April 2023," kata Pimpinan Cabang BRI Kudus Ekwan Darmawan di Kudus, Jumat.
 
Pada acara pasar Ramadhan tersebut, juga diramaikan dengan pertunjukan musik, sedangkan gerai yang tersedia menyediakan aneka fesyen dan kuliner yang buka mulai pukul 15.00-21.00 WIB.
 
Selain ada diskon, masyarakat juga bisa memanfaatkan program tebus murah sembako, lucky draw pembukaan tabungan BRI Simpedes dan aktivasi BRIMO serta asuransi asuransi mikro kesehatan kecelakaan dan meninggal (AMKKM).
 
Ia mengungkapkan kegiatan Pasar Ramadhan 2023 tersebut merupakan rangkaian kegiatan akuisisi dan pemberdayaan klaster usaha unggulan, pelaku UMKM, dan akselerasi Simpedes serta memberikan keramahtamahan dengan meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
"Kami berharap melalui kegiatan tersebut bisa ikut memberdayakan klaster usaha atau potensi di wilayah binaan serta meningkatkan transaksi melalui penggunaan Qris dan Brimo," ujarnya.
 
Kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang edukasi dan peningkatan literasi bagi pelaku UMKM dan masyarakat atas akses layanan digital perbankan melalui transaksi pembayaran non tunai menggunakan QRIS.
 
Menurut dia tahun ini targetnya soal volume bukan lagi hanya transaksinya, karena pada tahun 2021 merupakan masa akuisisi dan edukasi, kemudian tahun 2022 memasuki tahap transaksi.
 
Ia berharap adanya program pasar Ramadhan tersebut, para pelaku usaha yang terlibat bisa ikut pula mempromosikan transaksi non tunai.
 
BRI Kudus, kata dia, berkomitmen memenuhi kebutuhan pasar dalam hal kemudahan pembayaran secara non tunai karena saat ini hampir semua orang memiliki gawai.

Dengan pembayaran non tunai, maka pihaknya juga turut membantu pemerintah mengkampanyekan transaksi non tunai. 

Baca juga: Gandeng 58 ribu UMKM, BRI kembali gelar Pasar Ramadan


Baca juga: Mendag: Bazar Ramadhan 2023 bantu masyarakat dan UMKM

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023