Jakarta (ANTARA) - Google mengumumkan akan segera meluncurkan WebGPU, fitur baru yang memungkinkan browser Chrome menggunakan kartu grafis untuk mempercepat game, grafis, dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), seperti dilaporkan Engadget, Jumat.

Diaktifkan secara default di Chrome 113, WebGPU akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan untuk PC Windows (melalui Direct3D 12), MacOS (Metal) dan ChromeOS (Vulkan).

WebGPU memberi aplikasi web akses yang lebih baik ke kartu grafis, memungkinkan pengembang untuk mencapai tingkat grafis yang sama dengan kode yang jauh lebih sedikit. Itu bisa membuat aplikasi 3D berbasis browser Chrome yang baru dan menarik, dan tentu permainan yang lebih baik.

Baca juga: Google Search tambah fitur topik pencarian

Kartu grafis merupakan salah satu komponen terpenting untuk komputer gaming. Kartu grafis atau yang dikenal dengan GPU atau VGA card adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar monitor.

Pada saat yang sama, ini akan mendukung peningkatan tiga kali lipat dalam inferensi model pembelajaran mesin.

Fitur itu bisa membuka jalan bagi aplikasi pembelajaran mesin yang berjalan secara lokal, seperti fitur "kontak mata" NVIDIA Broadcast.

Google menyebut rilis awal sebagai pembaruan dan peningkatan di masa mendatang. Antarmuka pemrograman aplikasi (API) telah dikembangkan selama lebih dari enam tahun, dan akan tersedia untuk Firefox dan Safari di masa mendatang, serta diperluas ke lebih banyak sistem operasi seperti Android.

Baca juga: Google bawa fitur penguncian tab "Incognito" di Chrome untuk Android

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023