Jakarta (ANTARA News) - Aktor Gerard Depardieu menjadi orang Prancis terbaru yang pindah ke Belgia setelah Presiden Prancis Francois Hollande melakukan serangkaian kenaikan pajak terhadap orang kaya.

Bintang "Cyrano de Bergerac" itu telah membeli sebuah rumah di Desa Nechin di Belgia yang dekat dengan perbatasan Prancis, kata walikota setempat Daniel Senesael kepada media Prancis pada Minggu.

Senesael menambahkan, Depardieu juga sudah menanyakan prosedur untuk memperoleh izin tinggal di Belgia.

Menurut Senesael, Depardieu akan bergabung dengan sekitar 2.800 orang Prancis yang tinggal di daerah yang bisa dijangkau hanya dengan beberapa menit berkendara dari perbatasan.

"Saya rasa dia (Depardieu) ingin menikmati atmosfer Belgia, identitas kami, pedesaan," kata Senesael kepada radio RTL, seperti dikutip dari Reuters.

Diantara orang Prancis yang tinggal di daerah itu ada keluarga Mulliez, pemilik jaringan hypermarket Auchan dan toko olahraga Decathlon yang sudah bertahun-tahun tinggal di sana.

Penduduk Belgia tidak membayar pajak kekayaan. Sementara pemerintah Prancis mengenakan pajak pada individu dengan aset melebihi 1,3 juta euro dan menarik pajak peningkatan modal dari penjualan saham.

Bagi Depardieu, yang terkenal karena perannya sebagai Obelix di film "Asterix" dan sebagai Cyrano de Bergerac untuk film yang sama tahun 1990, tindakan itu tidak akan banyak mempengaruhi citranya yang sudah ternoda serangkaian kejadian memalukan.

Pekan lalu, Depardieu ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol setelah terjatuh dari skuternya di Paris. Bulan Agustus lalu, seorang pengendara mobil melaporkan serangan dan pemukulan yang dilakukan Depardieu setelah sebuah perselisihan.

(nta)


Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012