Moscow (ANTARA News) - Bintang film Prancis Gerard Depardieu tiba di Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin yang telah memberinya kewarganegaraan Rusia setelah perselisihan publik aktor itu di Prancis dalam upayanya menghindari potensi pajak pendapatan 75 persen.

Juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan kedua tokoh akan bertemu di sebuah tempat peristirahatan Sochi di Laut Hitam di mana Putin menghabiskan sebagian liburan tahun baru dan Natal selama sepuluh hari.

Dia mengatakan Putin mungkin akan menyerahkan paspor Rusia Depardieu dalam pertemuan itu.

"Ini adalah pertemuan pribadi, kami tidak akan mengeluarkan pernyataan resmi lain," kata Peskov seperti dikutip Reuters.

Kamis lalu Kremlin mengumumkan Putin telah menandatangani keputusan pemberian kewarganegaraan Rusia kepada Depardieu yang keberatan terhadap rencana Presiden Sosialis Francois Hollande untuk memberlakukan pajak 75 persen kepada para jutawan.

Depardieu populer di Rusia dan muncul dalam banyak iklan produk, termasuk produk kecap. Dia juga pernah bekerja di Rusia pada 2011 untuk film tentang pendeta eksentrik Rusia Grigory Rasputin.

(G003/H-AK) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013