... televisi Rusia menampilkan tayangan Depardieu menunjukkan paspor berwarna merah, setelah Putin langsung memberikan kewarganegaraan Rusia... "
Zurich, Swiss (ANTARA News) - Aktor Perancis Gerard Depardieu, yang baru saja mendapat paspor Rusia, Senin, bertolak ke Swiss guna menghadiri pemberian penghargaan sepakbola terkenal Ballon D'Or.

Sehari setelah disambut dengan terbuka oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, pasca-protesnya atas rencana peningkatan pajak di negara asalnya, Depardieu dijadwalkan hadir dalam acara Senin malam itu, kata juru bicara FIFA, Alex Stone.

Depardieu terbang dari wilayah Mordovia di bagian tengah Rusia pada Minggu malam, kata Kantor Berita Interfax, yang mengutip sumber pemerintah setempat.

Selama kunjungannya ke Saransk, ibu kota Mordovia, ia disambut penari setempat dan dijamu panekuk (pancake) tradisional, seiring dengan undangan gubernur Mordovia agar Depardieu menetap di wilayah tersebut.

Siaran televisi Rusia menampilkan tayangan Depardieu menunjukkan paspor berwarna merah, setelah Putin langsung memberikan kewarganegaraan Rusia. Putin disebut-sebut sebagai kawan akrab Depardieu.

Putin juga berhubungan baik dengan Presiden FIFA, Sepp Blater. Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 setelah upaya kampanye yang dipimpin langsung Putin.

Depardieu adalah penggemar fanatik sepakbola, bahkan pernah bermain sebagai penjaga gawang untuk tim Chatearoux pada masa mudanya dan hingga kini menjadi pendukung setia tim Auxerre.

Ia berkunjung ke markas FIFA di Zurich pada pertengahan Oktober guna bertemu dengan Blatter. Kehadirannya ke acara Bola Emas itu pun merupakan undangan langsung dari pemimpin FIFA tersebut.

Bersama pesohor lain, aktor berusia 64 tahun itu akan menyaksikan satu dari ketiga finalis -Cristiano Ronaldo dari Portugal, Lionel Messi dari Argentina, atau Andres Iniesta dari Spanyol- meraih penghargaan bergengsi itu.

Depardieu mengancam melepas kewarganegaran Prancis-nya setelah Perdana Menteri Perancis, Jean-Marc Ayrault, menyebutnya "menyedihkan", karena berencana pindah kewarganegaraan guna menghindari pajak penghasilan 75 persen.

Upaya tersebut disambut tangan terbuka oleh Kremlin, yang menawarkan kewarganegaraan bagi aktor dan sutradara tersebut serta kesempatan baginya untuk hanya membayar pajak 13 persen jika tinggal di Rusia lebih dari setengah tahun.

(P012/B002)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013