dipicu oleh perambahan dan aktivitas perladangan
Mataram (ANTARA) - Banjir dan tanah longsor yang terjadi di empat kabupaten dan kota di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 4 dan 6 April dipicu akibat kerusakan hutan dan hilangnya kawasan resapan di wilayah itu.

Ketua Forum Daerah Aliran Sungai dan Lingkungan Hidup (FORDAS-LH) NTB, Markum mengatakan merujuk pada hasil penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), data prediksi curah hujan BMKG, data perubahan tutupan lahan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB dan BPDAS Dodokan Moyo Sari NTB serta informasi kejadian banjir BPBD ditemukan sejumlah fakta-fakta penyebab banjir di kawasan itu.

"Di antaranya telah terjadi perubahan tutupan vegetasi di kawasan hutan dan di luar hutan yang masif di wilayah hulu yang dipicu oleh perambahan dan aktivitas perladangan," ujarnya di Mataram, Sabtu.

Selain itu, ungkapnya, kondisi topografi lahan di Pulau Sumbawa sebagian besar berbukit dengan kecuraman di atas 30 persen sehingga memicu terjadinya aliran air lebih cepat saat terjadinya hujan.

Selanjutnya sering terjadinya hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi yang dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi dengan akurat

Kemudian kondisi sungai dan bendungan yang dangkal akibat adanya sedimentasi yang tinggi sehingga beberapa fakta tersebut berdampak pada rentan terjadinya banjir di Pulau Sumbawa.

Baca juga: Gubernur NTB: Intensitas hujan tinggi penyebab banjir di Pulau Sumbawa
Baca juga: BPBD: Banjir bandang di Sumbawa akibat tingginya sedimentasi sungai

Akibat rusak-nya tutupan lahan tersebut, menurutnya memicu sebagian besar air hujan mengalir sebagai limpasan permukaan, menuju ke wilayah hilir, tempat pemukiman warga.

"Dengan curah hujan hanya 50-70 mm saja, telah terbukti mengakibatkan banjir besar di Bima, Dompu dan Kabupaten Sumbawa pada tanggal 4-6 April 2023," terangnya.

Lokasi terjadinya banjir adalah Kota Bima dan Kabupaten Bima serta Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Lenangguar yang menimpa dua desa, selanjutnya Kecamatan Moyo Hulu di lima desa dan Kecamatan Empang satu desa.

Menyikapi kondisi tersebut, FORDAS-LH NTB mengimbau kepada pimpinan daerah dan para pihak yang relevan untuk lebih waspada jika terjadi hujan meskipun skala hujan rendah sampai sedang, karena banjir bisa terjadi pada curah hujan ringan dengan cakupan area yang luas.

Baca juga: Tiga kecamatan di Sumbawa dilanda banjir bandang
Baca juga: BNPB: Tingkatkan siagaan hadapi banjir lebih buruk di Sumbawa

FORDAS-LH NTB juga berharap ada upaya mengembangkan satgas kebencanaan sampai pada level desa dan dusun untuk membangun sistem komunikasi efektif sebagai upaya mitigasi bencana atau peringatan dini serta menetapkan lokasi-lokasi titik kumpul jika terjadi darurat banjir.

Kemudian, mengaktifkan kelembagaan masyarakat dalam kegiatan pengurangan bencana melalui gotong royong kebersihan gorong-gorong dan tidak membuang sampah di badan sungai atau saluran air,

Diketahui dampak banjir yang terjadi di empat kabupaten dan kota di Pulau Sumbawa tersebut. Di antaranya Kabupaten Sumbawa 192 kepala keluarga (KK) atau 989 jiwa, Dompu 4.166 KK atau 16.664 jiwa, Bima 2.985 KK atau 8.305 jiwa dan Kota Bima 1.208 KK atau 4.351 jiwa.

Untuk kerusakan sebanyak 114 rumah rusak ringan, 37 rumah rusak sedang, 45 rumah rusak berat, dua sekolah di Kota Bima, sawah 204 hektare dan tambak ikan dan garam 53,3 hektare.

Baca juga: Gubernur NTB salurkan bantuan untuk korban banjir di Sumbawa Barat

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023