Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menyebut hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat diprakirakan terjadi di NTB, NTT, Maluku, dan Papua akibat pertumbuhan bibit siklon tropis 98S.

"Antisipasi dampak dalam 24 jam ke depan, hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers bertajuk "Antisipasi Dampak Peningkatan Intensitas Bibit Siklon 98S dan 90W di Indonesia", di Jakarta, Sabtu.

Dwikorita Karnawati mengatakan BMKG tengah fokus memonitor peningkatan pertumbuhan bibit siklon 98S.

Dikatakannya, mulai 8 April 2023, terdapat peningkatan pertumbuhan bibit siklon 98S dengan posisi di sekitar Laut Timor sebelah barat daya Saumlaki dan masih berada di area tanggung jawab BMKG Jakarta.

Baca juga: Pemda NTT bentuk posko siaga darurat antisipasi badai bibit Siklon 98S

Baca juga: Hujan deras guyur Kota Kupang jelang perayaan Malam Paskah


"Di mana kecepatan angin maksimum di sekitar sistem bibit siklon tersebut mencapai 30 knot atau 56 km/jam, sementara tekanan rendah di sekitar pusat sistemnya mencapai 1.003 mb," kata Dwikorita Karnawati.

Sistem bibit siklon 98S bergerak ke arah Samudera Hindia dan memiliki peluang kategori tinggi untuk menjadi badai tropis atau siklon tropis di wilayah tanggung jawab Australia dalam 24-36 jam ke depan.

Selain mengakibatkan hujan intensitas sedang hingga sangat lebat, bibit siklon 98S juga diprediksi menyebabkan angin kencang di NTT, Maluku, dan Papua.

"Ini perlu diperhatikan, terutama untuk pelayaran," katanya.

Juga perlu diwaspadai tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter diprediksi dapat terjadi dalam 24 jam ke depan di Laut Flores, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Baubau, Kepulauan Wakatobi, Laut Seram, Perairan Fakfak dan Kaimana, Laut Banda, perairan selatan Kepulauan Kai hingga Kepulauan Aru dan Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Untuk tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter diprakirakan di Perairan Kepulauan Sermata, Kepulauan Letti, Kepulauan Babar, dan Laut Arafuru bagian barat.*

Baca juga: BPBD Ende imbau warga mitigasi dampak Bibit Siklon Tropis 98S

Baca juga: BMKG: Bibit Siklon 90W menjauhi wilayah Indonesia

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023