Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video berdurasi delapan menit di YouTube mengklaim Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Penetapan status tersangka itu menyusul kasus korupsi Rp349 triliun.

Gambar sampul pada unggahan video itu menunjukkan Heru Budi dengan rompi jingga sebagai penanda tahanan KPK, serta pengawalan anggota kepolisian.

Berikut narasi yang disematkan pada unggahan itu:
“HERU BUDI JADI TERSANGKA !! KPK TEMUKAN BUKTI KUAT ALIRAN DANA 349T MASUK KANTONG || BERITA TERBARU”

Namun, benarkah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi ratusan triliun?

Unggahan video hoaks yang menyatakan Heru Budi jadi tersangka korupsi ratusan triliun. Faktanya, video tersebut tidak sesuai dengan judul. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, judul pada unggahan video di YouTube itu tidak sesuai dengan isi konten.

Gambar sampul Heru Budi mengenaikan rompi jingga serupa dengan foto pada berita detikcom berjudul “2 Menteri Jadi Tersangka Korupsi, Pakar UGM: Reshuffle Itu Keniscayaan”.

Sosok pada foto itu merupakan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang ditangkap oleh KPK pada Desember 2020 karena tersandung kasus korupsi bansos.

Video berdurasi delapan menit itu berisi potongan sejumlah video yang tidak menjelaskan dengan judul konten.

Salah satu potongan video yang terdapat pada unggahan itu adalah video ketika Basuki Tjahaja Purnama, sebelumnya akrab disapa Ahok, menjalani sidang reklamasi pada 26 Juli 2016. Video yang menampilkan BTP itu serupa dengan unggahan YouTube KompasTV berjudul “Ahok: Presiden Ketahui Pemberian Izin Reklamasi”.

Potongan video lain yaitu Heru Budi sedang memberikan keterangan terkait aturan penyelenggaraan konser di Jakarta menyusul kasus konser musik festival yang mengakibatkan korban penonton. Video itu serupa dengan unggahan KompasTV dengan judul “Imbauan Pj Gubernur Heru Budi Hartono soal Konser di Jakarta”.

Narasi pada video delapan menit di YouTube itu bersumber dari laporan RMOL dengan judul “Ditunjuk jadi Pj Gubernur DKI, Heru Budi Masih Punya Catatan Kasus Dugaan Korupsi yang Belum Tuntas”, serta “Heru Budi Hartono, Kursi Pj Gubernur DKI Jakarta dan Berbagai Kasus Korupsi yang Ditangani KPK”.

Dengan demikian, unggahan video yang dinarasikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi tidak berdasar. Hingga saat ini, Heru Budi masih menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Klaim: Heru Budi tersangka korupsi ratusan triliun
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Heru Budi tutup sumur resapan, akibatkan banjir

Cek fakta: Hoaks! Pj Gubernur DKI Heru Budi diamuk massa hingga terluka

Baca juga: Heru Budi larang tegas ASN DKI mudik pakai mobil dinas

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023