Mengenai ibu kota baru, Indonesia mengharapkan dukungan Tiongkok khususnya tim pakar dari Shenzen untuk desain dan manajemen serta pembangunan klaster pendukung di IKN
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan menggandeng tim pakar dari Shenzen, China, untuk ikut membangun ibu kota negara (IKN).

“Mengenai ibu kota baru, Indonesia mengharapkan dukungan Tiongkok khususnya tim pakar dari Shenzen untuk desain dan manajemen serta pembangunan klaster pendukung di IKN,” katanya dalam konferensi pers mengenai update kerja sama Indonesia-Tiongkok di Jakarta, Senin.

Luhut menjelaskan pihaknya juga telah bertemu dengan utusan khusus Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed (MBZ) yang nantinya akan bergabung dengan tim Shenzen dan tim IKN.

“Tadi malam saya ketemu juga utusan khusus Presiden MBZ dari Abu Dhabi, mereka sangat senang sekali berkolaborasi dengan tim dari Shenzen. Jadi nanti kita akan lihat kombinasi dari tim Indonesia, Tiongkok dan Shenzen karena ada sembilan klaster yang ada di ibu kota baru, nanti kita akan cari klaster mana yang mereka mau,” katanya.

Luhut menambahkan tim IKN juga sudah menerima banyak minat dari perusahaan China. Ia pun telah meminta National Development and Reform Commission (NDRC) untuk merekomendasikan perusahaan mana saja yang nantinya bisa bekerja sama di IKN.

“Tim IKN sudah menerima banyak minat dari perusahaan Tiongkok. Kami harapkan NDRC dapat merekomendasikan perusahaan BUMN dan swasta yang baik untuk bekerja di IKN,” katanya.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Ketua NDRC Zheng Shanjie di Beijing, China, pekan lalu, Luhut menyampaikan pesan Presiden Jokowi untuk mengundang China berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Setelah mendarat di Bandara Internasional Beijing pada pagi hari sekali, saya bergegas menghadiri pertemuan dengan Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok (NDRC) Chairman Zheng Shanjie. Sebuah kebanggaan bagi saya karena pertemuan ini menurut beliau adalah pertemuannya kali pertama dengan perwakilan negara Asia setelah beliau dilantik,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut bersama Chairman Zheng membahas sejumlah proyek kerja sama Indonesia-China termasuk kereta cepat Jakarta-Bandung, proyek Global Maritime Fulcrum-Belt Road Initiative (GMF-BRI) hingga IKN. Luhut juga mengajak pimpinan China itu untuk melihat langsung proyek kerja sama kedua negara.

“Kami membahas bersama banyak hal mulai dari progres pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kawasan Industri Hijau Kaltara, Proyek GMF-BRI, Herbal Center, South-South Cooperation, Vocational Training hingga Ibu Kota Nusantara yang mendapat pesan khusus dari Presiden @jokowi bahwa progresnya berjalan dengan begitu baik dan berharap pula akan mendapat dukungan dari Tiongkok,” sebutnya.



Baca juga: Jokowi ajak partisipasi publik pilih logo IKN berhadiah motor listrik
Baca juga: Menteri PUPR: Capaian pembangunan fisik IKN sudah 25 persen
Baca juga: Presiden kumpulkan investor potensial di IKN usai Lebaran

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023