Pada perayaan hari besar keagamaan ada peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat
Gorontalo (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo bersama sejumlah kantor perbankan di daerah itu membuka pelayanan penukaran uang baru di Lapangan Taruna Remaja Kecamatan Hulontalangi Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo, Senin.

Deputi Kepala KPw BI Gorontalo, Taufik Hidayat pada kegiatan itu mengatakan hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pada perayaan hari besar keagamaan ada peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat," ucap dia.

Pada bulan Ramadhan ini, Taufik mengungkapkan KPw BI Gorontalo bersama 13 perbankan menyiapkan layanan penukaran uang baru.

Baca juga: BI siapkan uang kartal Rp726 miliar untuk masyarakat Gorontalo

Ia menjelaskan, BI Gorontalo membuka kas keliling di sejumlah lokasi strategis, seperti bandara, pasar tradisional dan pelabuhan.

"Bank-bank pun demikian, mereka membuka di kantor cabang dan unit masing-masing," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala KPw BI Gorontalo, Dian Nugraha mengatakan pada bulan Ramadhan tahun ini, BI meluncurkan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri.

Pada bulan Ramadhan tahun ini BI Gorontalo menyiapkan uang kartal sebesar Rp726 miliar untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat daerah itu selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Uang kartal tersebut terdiri atas pecahan besar sejumlah Rp659 miliar, dan uang pecahan kecil mencapai Rp67 miliar.

Uang kartal yang disediakan itu, katanya 14 persen lebih banyak dari tahun sebelumnya, karena menyesuaikan dengan kondisi ekonomi yang mengalami peningkatan setelah pandemi mulai longgar dan juga semenjak pencabutan PPKM.

Baca juga: Deputi Gubernur Dody Budi Waluyo kukuhkan Kepala BI Gorontalo

Baca juga: BI optimis pertumbuhan ekonomi Gorontalo capai 4,4 persen




 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023