Bantuan paket Lebaran ini berasal dari zakat karyawan PT Semen Padang yang dihimpun UPZ Semen Padang.
Padang (ANTARA) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PT Semen Padang yang merupakan badan usaha milik negara (BUMN) menyalurkan 288 paket Lebaran bagi kaum duafa yang tinggal di lingkungan PT Semen Padang.

"Bantuan paket Lebaran ini berasal dari zakat karyawan PT Semen Padang yang dihimpun UPZ Semen Padang setiap bulannya dan disalurkan kepada penerima zakat melalui berbagai program zakat," kata Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas PT Semen Padang Muhammad Arif, di Padang, Senin.

Ia mengatakan bantuan paket Lebaran yang diberikan berupa baju koko, kain sarung, mukena dan sajadah. Bantuan tersebut merupakan program rutin UPZ PT Semen Padang yang disalurkan setiap Ramadhan dengan penerima manfaat para duafa yang berdomisili di Lubuk Kilangan, Pauh, dan Lubuk Begalung.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan digunakan untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri," ujar dia lagi.

Pada kesempatan itu, Arif menyampaikan terima kasih kepada manajemen termasuk pengurus serta anggota Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) yang mempercayai UPZ Baznas Semen Padang untuk menyalurkan zakat bagi karyawan.

Penyaluran zakat karyawan PT Semen Padang tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1995. Artinya, sudah 28 tahun zakat karyawan dikelola langsung oleh UPZ PT Semen Padang.

"Zakat ini sudah dimulai sejak dari lembaga Bazis Unit Korpri PT Semen Padang," katanya pula.

Dalam perjalanannya, Bazis Unit Korpri berubah nama menjadi Bazis Semen Padang dan kemudian berubah nama menjadi Yayasan LAZ Semen Padang. Terakhir, pada Desember 2016 kembali berubah menjadi UPZ Baznas Semen Padang.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menyambut baik UPZ Baznas Semen Padang yang telah menyalurkan zakat karyawan dengan baik serta tepat sasaran.

"Ini mempermudah karyawan dalam membayarkan zakatnya," kata dia lagi.

Ia mengatakan membayar zakat termasuk zakat penghasilan merupakan salah satu upaya dalam membersihkan harta dan menyucikan hati. Dalam ajaran agama Islam setiap harta yang dimiliki terdapat hak orang lain di dalamnya terutama yang membutuhkan.

"Dengan mengeluarkan sebagian harta yang kami miliki untuk dizakatkan sama halnya dengan membantu keberlangsungan hidup orang lain yang berhak dan membutuhkan bantuan," ujar dia.

Salah seorang penerima manfaat Ilis (51) menyampaikan terima kasih kepada UPZ Baznas PT Semen Padang atas bantuan yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Alhamdulillah, bantuan paket Ramadhan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk digunakan saat Shalat Idul Fitri nanti," kata dia pula.
Baca juga: UPZ Semen Padang salurkan zakat karyawan Rp10,1 miliar
Baca juga: UPZ Baznas PT Semen Padang salurkan zakat karyawan Rp687 juta

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023