Usai upacara, kita siapkan seribu mangkok coto untuk disantap langsung oleh kepala daerah yang hadir. Ini secara tidak langsung kita mantapkan Slogan Makassar Kota Makan Enak
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 600 Kepala Daerah se-Indonesia terdiri atas 38 gubernur, 93 wali kota dan 400-an bupati dijadwalkan menghadiri Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke- XXVII pada 29 April 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kita mesti siapkan hal-hal teknis dengan mengecek semua kesiapannya karena tamu banyak mau datang. Tunjukkan kesiapan kita dan tolong jangan berhenti untuk cek ulang dan berulang," papar Wakil Wali Kota Makassar saat rapat koordinasi persiapan acara di Balai Kota, Senin.

Ia menegaskan semua organisasi perangkat daerah (OPD) jangan hanya fokus pada rangkaian acara saja, tapi kesiapan menuju rangkaian acara tersebut sudah siap.

Mulai dari penjemputan di bandara, lokasi-lokasi yang akan dikunjungi selama di Kota Makassar, persiapan upacara, serta pengaturan teknis dan pengamanan sampai acara selesai, mengingat akan ada menteri dan kepala daerah hadir untuk mengunjungi Lorong Wisata.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Makassar Muhammad Anshar pada kesempatan itu menjelaskan rangkaian peringatan upacara Hari OTDA akan dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari pada 29 April 2023. Namun, sebelum acara puncak akan digelar seminar nasional diikuti secara daring dan luring pada 13 April 2023.

"Usai upacara, kita siapkan seribu mangkok coto untuk disantap langsung oleh kepala daerah yang hadir. Ini secara tidak langsung kita mantapkan Slogan Makassar Kota Makan Enak,” katanya.

Mantan Kepala Dinas PU ini mengemukakan meskipun Kota Makassar sudah sering menyelenggarakan event besar. Tetapi, ia tetap mengimbau seluruh OPD agar bekerja sama dengan baik dalam mendukung kelancaran acara.

Rencananya, rangkaian peringatan Hari OTDA akan ditutup dengan pameran inovasi atau Malam Apresiasi Kinerja Pemda di hotel Four Point Makassar. Sebab, ada tiga gubernur, 10 wali kota dan 10 bupati yang akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Baca juga: Pemkot Makassar fokus kembangkan Kuliner Lorong
Baca juga: Singapura-Pemkot Makassar berpeluang kerja sama ekonomi hijau

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023