Malang (ANTARA News) - Arema Indonesia hanya menang tipis 1-0 atas Persiwa Wamena dalam pertandingan terakhir di ajang "Inter Island Cup (IIC) 2012" yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu petang.

Gol semata wayang selama 90 menit pertandingan yang mampu membobol gawang Persiwa Wamena yang dikawal M Yasir, dilesakkan oleh Sunarto pada menit ke-71. Sunarto masuk pada babak kedua menggantikan Purwaka Yudhi.

Pada menit-menit awal babak pertama, kedua tim masih saling "membaca" dan sekali-kali melakukan serangan. Namun, menjelang menit-menit akhir babak pertama, Arema lebih mendominasi permainan, bahkan sejumlah peluang tercipta, tapi masih belum mampu menjebol gawang M Nasir.

Sebenarnya pada menit ke-44, Persiwa Wamena yang kini ditangani pelatih Subangkit itu mempunya peluang emas melalui kaki M Hamzah, namun penjaga gawang Arema I Made Wardana masih mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Bahkan, hingga wasit Muslimin meniup peluit panjangnya tanda 45 menit babak pertama berakhir, skor amsih 0-0.

Memasuki 45 menit babak kedua, tensi permainan mulai tinggi dan beberapa kali terjadi ketegangan antarpemain. Namun, masih bisa diredam dan pertandingan akhirnya dilanjutkan kembali.

Meski Arema mendominasi permainan sepanjang babak kedua dan Persiwa hanya sekali-kali melakukan serangan balik, hanya sebiji gol yang bisa dimanfaatkan secara maksimal dan membawa Arema meraih tiga poin.

Pertandingan dengan tensi tinggi tak membuat wasit Muslimin obral kartu kuning. Selama 90 menit pertandingan berlangsung, wasit hanya mengeluarkan dua kartu kuning dan keduanya dihadiahkan untuk pemain Persiwa, masing-masing diberikan pada Vali Karsandi dan M Yasir (kiper) yang mencoba mengulur waktu melakukan tendangan gawang.

Dengan hasil tiga poin dan sebiji gol itu, langkah Arema untuk melaju ke babak semifinal masih tergantung hasil pertandingan antara Persipura melawan Persela yang akan digelar malam ini (Rabu, 12/12) sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebab, poin yang diraih Arema sama dengan Persipura, bahkan selisih gol pun juga sama. Jika Persipura mampu menundukkan Persela dengan gol yang lebih banyak, maka kemungkinan besar Arema akan tersingkir dan gagal melaju ke babak semifinal IIC 2012 bersama Sriwijaya FC, Persib Bandung dan Persisam Samarinda.

(E009/C004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012