Posko terpadu yang didirikan bersama dengan pemangku kebijakan terkait juga akan melayani masyarakat pemudik yang ingin atau yang membutuhkan vaksinasi COVID-19
Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) menyiapkan posko vaksinasi COVID- 19 selama arus mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kepala Dinkes Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes, di Medan, Selasa mengatakan pendirian posko vaksinasi COVID-19 tersebut bertujuan untuk melayani dan mempermudah masyarakat yang ingin di vaksin dalam pencegahan COVID-19.

"Posko terpadu yang didirikan bersama dengan pemangku kebijakan terkait juga akan melayani masyarakat pemudik yang ingin atau yang membutuhkan vaksinasi COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan posko akan didirikan di sejumlah titik yang dianggap mudah diakses para pemudik seperti, terminal, pelabuhan, stasiun, bandara dan pos kesehatan wisata.

"Kita sudah menginstruksikan ke Dinkes kabupaten/kota untuk mengecek lokasi posko tersebut," katanya.

Dinkes Sumut bersama pemangku kebijakan terkait juga membentuk Tim Penyelenggaraan Kesehatan selama menghadapi arus mudik Lebaran 2023.

"Tim Penyelenggaraan Kesehatan ini bertugas untuk menyiapakan sejumlah langkah langkah staregis, seperti, menyelengarakan pos kesehatan, menyiapkan fasilitas kesehatan, melakukan pemeriksaan persiapan kesehatan dan yang lainnya," katanya.

Saat ini, kata dia, persiapan Tim Penyelenggaran Kesehatan ini sudah maksimal, tinggal menunggu waktu pelaksananya.

"Persiapan tim tinggal mengeksekusinya saja," demikian Alwi Mujahit Hasibuan.

Baca juga: Jelang Lebaran, pemerintah pusat-Pemprov Sumut bentuk tim jalur mudik

Baca juga: 4.204.270 penduduk Sumut sudah divaksinasi COVID-19 dosis penguat

Baca juga: Dishub Sumut periksa kelayakan kendaran jelang mudik Lebaran 2023

Baca juga: KAI Sumut: 13.609 tiket keberangkatan 12 April-3 Mei sudah terjual


 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023