Bandung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menegaskan bahwa ijazah S1 bakal calon gubernur Irianto MS Syafiuddin (Yance) yang diusung Partai Golkar sah berdasarkan keterangan resmi Universitas Putera Indonesia.

"Perlu kami tegaskan di sini, bahwa ijazah Pak Yance itu sah. KPU sudah menerima surat keterangan resmi dari kampus UNPI (Universitas Putera Indonesia) Cianjur terkait status ijazah S1 Pak Yance yang sempat diramaikan dengan dugaan ijazah palsu," kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat di Kota Bandung, Rabu.

Yayat menjelaskan, surat dari Unpi sampai ke meja KPU Jawa Barat Selasa kemarin (11/12) sekitar pukul 13.00 WIB, setelah beberapa petugas KPU mendatangi kampus ini di Cianjur.

Klarifikasi oleh KPU  dilakukan menyusul masukan LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kabupaten Indramayu soal dugaan ijazah palsu Yance kepada Panwaslu Jabar.

"Jadi apapun dugaan dari LSM Lira itu, kami dari KPU Jabar hanya akan mengacu kepada pernyataan resmi universitas yang mengeluarkannya," kata Yayat.

DPD LSM Lira Kabupaten Indramayu melaporkan dugaan ijazah S1 palsu Yance kepada Panitia pengawas Pemilu Jawa Barat.

(KR-ASJ/Y003)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012