Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota menyiapkan sejumlah skema pelayanan kepada masyarakat dalam menghadapi arus mudik libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa sejumlah skema pelayanan yang disiapkan tersebut dengan melakukan Operasi Cipta Kondisi.

"Kita lihat cuti bersama itu mulai 19 April 2023, sebelum itu, kami melakukan Operasi Cipta Kondisi," kata Buher, sapaan akrabnya.

Buher menjelaskan, sejumlah skema pelayanan yang disiapkan untuk para pemudik tersebut diantaranya adalah dengan melakukan pengecekan pasokan bahan bakar minyak (BBM) pada stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) untuk memastikan pasokan mencukupi.

Selain itu, lanjutnya, Polresta Malang Kota akan menyiapkan personel yang bisa membawakan BBM kepada masyarakat yang kendaraannya mogok akibat kehabisan bahan bakar. Polresta Malang Kota akan menggandeng Pertamina untuk penerapan skema itu.

"Kita akan menyiapkan personel yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, dan apabila ada kendaraan yang mogok karena kehabisan bensin, akan kami bantu," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Polresta Malang Kota juga akan memberikan pelayanan berupa parkir kendaraan pada kantor-kantor polsek jajaran bagi masyarakat yang melakukan mudik dan tidak menggunakan kendaraan pribadi.

"(Parkir) ini bisa berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dan polsek. Sehingga nantinya, kami juga bisa melakukan patroli untuk mengecek rumah-rumah yang ditinggalkan saat mudik," ujarnya.

Selain menyiapkan sejumlah skema pelayanan untuk persiapan arus mudik tersebut, Polresta Malang Kota juga akan melakukan pengawasan apabila terjadi penimbunan bahan pokok penting selama bulan Ramadhan, termasuk penjualan produk kadaluarsa.

"Kita juga melakukan kontrol penimbunan sembako. Juga melakukan kontrol juga pada bahan-bahan pokok yang kadaluarsa," katanya.

Pada arus mudik libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini, diperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Kota Malang.

Baca juga: Dishub -Polres Tangerang pasang rambu petunjuk di 19 titik jalur mudik
Baca juga: Terminal Mandalika di NTB mulai dipadati pemudik Lebaran
Baca juga: Pemudik dari Pelabuhan Sampit ramai bawa kendaraan pribadi ke Jawa


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023