Tianjin (ANTARA) - China State Shipbuilding Corporation menandatangani perjanjian kerja sama dengan CMA CGM Group dari Prancis untuk memproduksi 16 kapal peti kemas berukuran besar senilai lebih dari 21 miliar yuan.

Angka produksi itu menjadi rekor baru untuk pesanan tunggal dengan jumlah dana terbesar bagi produksi kapal peti kemas yang ditandatangani oleh industri pembuatan kapal China.

Produksi itu mencakup 12 kapal peti kemas besar berbahan bakar ganda dengan kapasitas 15.000 TEU (twenty-foot equivalent unit) yang sebagian besar ditenagai oleh metanol, serta empat kapal berkapasitas 23.000 TEU yang sebagian besar ditenagai oleh gas alam cair (LNG).

Masing-masing kapal berbahan bakar metanol tersebut memiliki panjang 366 meter dan lebar 51 meter serta dirancang memiliki kemampuan untuk mengangkut 156.000 ton kargo, kata produsen kapal China itu.

Produksi itu juga merupakan pesanan pertama bagi China State Shipbuilding Corporation untuk memproduksi kapal peti kemas berbahan bakar metanol. Dikembangkan secara mandiri, kapal tersebut dapat mencapai emisi karbon nol bersih selama seluruh pelayarannya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023