Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan Koperasi Jasa Karyawan Kantor Berita Antara (Kokantra) menjadi role model bagi koperasi yang digagas dan dijalankan oleh insan media.

“Saya mendapat info bahwa di Indonesia belum banyak berkembang koperasi yang digerakkan secara langsung oleh Insan media. Oleh karena itu saya menginginkan Kokantara menjadi salah satu role model koperasi media yang sukses di tanah air,” kata MenKopUKM Teten saat memberikan sambutan secara daring pada Rapat Anggota Tahunan Kokantara Tahun Buku 2022 yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa.

Menteri Teten turut berbahagia atas terselenggaranya RAT Kokantara tahun buku 2022 yang dapat menjadi semangat berkoperasi sebab koperasi merupakan salah satu pilar ekonomi kerakyatan. Ia juga mengapresiasi kemajuan Kokantara dari sisi anggota yang hingga kini sudah mencapai lebih dari 600 orang dan tersebar di seluruh pelosok tanah air. Termasuk juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kokantara dengan mulai mengembangkan sistem informasi keuangan berbasis digital.

“Saya juga turut berbangga Kokantara melakukan aksi-aksi korporasi diantaranya dengan mendirikan anak perusahaan untuk memperluas bisnisnya dan mengambil inisiatif untuk turut serta memiliki saham di anak perusahaan Perum LKBN Antara yakni PT ANTARA ETP. Ini bukti bahwa koperasi sebenarnya mampu untuk memainkan peran yang signifikan dalam kehidupan ekonomi maupun sosial kita,” ucapnya.

Baca juga: KemenKopUKM tingkatkan omzet UKM lewat bazar Ramadhan

Lebih lanjut Teten menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM telah menciptakan ekosistem koperasi yang lebih baik melalui berbagai program diantaranya korporatisasi petani dan nelayan melalui koperasi, program solusi untuk koperasi dan nelayan, pengembangan minyak makan merah melalui koperasi petani sawit, serta pembangunan rumah produksi bersama dengan koperasi sebagai pengelola.

KemenKopUKM juga telah mengupayakan pengembangan koperasi modern yakni koperasi yang menjalankan kegiatan dan usahanya dengan cara baru, menerapkan tata kelola koperasi yang baik, memiliki daya saing dan adaptif terhadap perubahan.

“Kami berharap Kokantara dapat mengambil peluang dan celah untuk mengembangkan usahanya semakin maju sehingga semakin menyejahterakan anggotanya,” tuturnya.

Adapun Ketua Pengurus Kokantara Hendi Rustandi menyampaikan terima kasih atas dukungan Manajemen Perum LKBN ANTARA atas kepercayaan kepada Kokantara. Pada 2022, Kokantara telah menyalurkan beasiswa pendidikan kepada anak anggota dengan rincian 18 anak anggota di tingkat SD, 10 di tingkat SMP dan 10 untuk tingkat SMA.

Baca juga: Menteri Teten minta perbankan ciptakan inovasi pembiayaan UKM

Pinjaman anggota juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dikarenakan adanya pengalihan pinjaman dari Yayasan Kesejahteraan Karyawan dan Pensiunan Antara serta Peningkatan aset dalam bentuk kendaraan yang disewakan kepada ANTARA dan PT Nindya Karya.

Sedangkan untuk aksi koperasi terdiri dari pendirian anak Pendirian anak perusahaan PT Niaga Pratama Solusindo dan kepemilikan saham di ANTARA ETP.

“Pada RAT juga disepakati kenaikan simpanan wajib melalui pooling menjadi Rp150 ribu per bulan,” kata Hendi.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023