Rakor gubernur tersebut membahas kerja sama antarpemerintah daerah yang dapat dilakukan, identifikasi isu-isu strategis, bentuk atau model kerja sama yang tepat dan prinsip-prinsip yang menuntun keberhasilan."
Medan (ANTARA News) - Sekitar 10 menteri negara akan hadir untuk menyampaikan isu strategis dan kebijakan kementerian atau lembaga pada Rapat Koordinasi Gubernur se-Wilayah Sumatera yang akan digelar di Medan, 19-20 Desember 2012.

"Rakor gubernur tersebut membahas kerja sama antarpemerintah daerah yang dapat dilakukan, identifikasi isu-isu strategis, bentuk atau model kerja sama yang tepat dan prinsif-prinsip yang menuntun keberhasilan," kata Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis pada temu pers di Madan, Rabu.

Selain itu, rakor gubernur tersebut, juga membahas penanganan masalah perbatasan antara wilayah provinsi dan penunjukan kawasan hutan bagian rencana tata ruang wilayah provinsi yang memerlukan pembinaan dari Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian Kehutanan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Kemudian, akselarasi implementasi MP3EI Koridor Sumatera yang memerlukan koordinasi Kementerian Perekonomian, dan pembinaan dari Kementerian Kehutanan, Badan Usaha Milik Negara dan investasi dalam dan luar negeri.

Integritas kegiatan utama masing-masing provinsi kedalam kegiatan sub ekonomi Regional IMT-GT, melalui pembinaan Kementerian Perdagangan.

Percepatan pemerintah daerah, mendapatkan dana bagi hasil perkebunan melalui pembinaan dan koordinasi Kementerian Perekonomian dan Kementerian Keuangan.

Menurut dia, visi Rakor Gubernur se-Wilayah Sumatera adalah "Terwujudnya Sinergi Pembangunan Wilayah Suamatera Yang Maju, Mandiri dan Berkelanjutan Melalui Peningkatan Sumber Daya Alam Yang Berkeadilan Dalam Pembangunan Nasional".

Rakor gubernur tersebut bertujuan sebagai sarana mengembangkan pola komunikasi antarpemerintah daerah se-Wilayah Sumatera.Dan wadah evaluasi hasil kerja sama yang telah terjalin dalam upaya meningkatkan pembangunan daerahnya masing-masing.

Lubis mengatakan, agenda acara akan diawali dari tanggal 17-18 Desember 2012 berupa Rapat Kerja Teknis Bappeda se-Wilayah Sumatera dan kemudian dilanjutkan tanggal 19-20 Desember 2012 acara puncak yakni Rakor Gubernur.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sepuluh menteri negara yang akan hadir, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri BUMN, Menteri Pendidikan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan, Menteri Perdagangan dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Hasil akhir dari Rakor Gubernur dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama Forum Gubernur se- Wilayah Sumatera Untuk Tahun 2013.Penyampaian rumusan hasil Ragor Gubernur se-Wilayah Sumatera untuk disampaikan ke Kementerian/Lembaga, BUMN dan lainnya," kata Lubis. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012