pada bulan puasa dan Lebaran pembelian elpiji naik sekitar 10 persen. Oleh karena itu kami menyiapkan penyaluran ekstra
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional II Sumbagsel menjamin stok elpiji 3 kilogram (kg) untuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, aman selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, bahkan mencukupi hingga Lebaran 2023.

Senior Supervisor Communication dan Relation Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Haris Yanuanza di Baturaja, OKU, Selasa, mengatakan bahwa persediaan elpiji di SPPBE, agen dan pangkalan di wilayah setempat dipastikan aman mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Stok elpiji khususnya ukuran 3 kg selama puasa hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 H dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten OKU karena disiapkan penyaluran ekstra sebesar 10-12 persen tergantung pada situasi di lapangan.

"Karena dari tren tahun-tahun sebelumnya, pada bulan puasa dan Lebaran pembelian elpiji naik sekitar 10 persen. Oleh karena itu kami menyiapkan penyaluran ekstra untuk Kabupaten OKU," katanya.

Menurut dia, kuota elpiji 3 kg dari tahun ke tahun sejak 2021 mengalami penurunan sekitar 13,8 persen atau 1.948 metrik ton dari sebelumnya 14.198 metrik ton.

Baca juga: BPH Migas membuka Posko Nasional ESDM Lebaran 2023 jamin stok BBM aman

Baca juga: Pertamina memastikan stok BBM dan elpiji di Aceh aman


Penurunan kuota ini karena adanya gas kota atau city gas dari PGN yang terpasang di sejumlah wilayah di Kabupaten OKU.

Meskipun demikian, kata dia, Pertamina Patra Niaga tetap mengamankan pasokan elpiji agar tidak terjadi kelangkaan di pasaran khususnya pada momen bulan suci Ramadhan hingga Lebaran 2023.

Bahkan, pihaknya menyiagakan sarana dan fasilitas utama yang meliputi dua terminal LPG, 62 SPBE, 482 Agen LPG dan sebanyak 5.540 outlet pangkalan LPG Siaga yang tersebar di wilayah Sumbagsel.

Pihaknya juga tetap memantau dan mengevaluasi kebutuhan elpiji 3 kg di tingkat masyarakat dan akan menambah pasokan jika terjadi kelangkaan di pasaran.

"Kalau masih terjadi kekurangan kami akan menggelar operasi pasar di daerah yang kekurangan stok elpiji," tegasnya.

Baca juga: Pemkab Sleman jamin stok BBM dan elpiji selama puasa hingga lebaran

Baca juga: Pertamina tambah stok rata-rata harian BBM dan elpiji

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023