Jakarta (ANTARA) - Memasuki pekan ketiga Ramadhan, banyak umat Islam mulai melakukan berbagai persiapan untuk mudik ke kampung halaman termasuk merencanakan barang dan oleh-oleh apa saja yang akan dibawa untuk diberikan kepada keluarga.

Kepala komunikasi di Paxel, perusahaan ekspedisi berbasis teknologi, Muhammad Rahadi, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa, menilai pemudik bisa mengirim barang ke kampung halaman supaya tidak membawa banyak barang saat mudik.

"Bahkan mungkin bisa jadi orangnya belum sampai, tapi barangnya sudah sampai duluan," kata Rahadi.

Salah satu layanan mereka PaxelBig bisa mengirimkankan barang dengan bobot hingga 25 kilogram dan dimensi maksimal 80 centimeter, yang bisa digunakan untuk mengirimkan kebutuhan mudik atau mengirim bingkisan Lebaran yang berukuran besar.

Paxel bekerja sama dengan Bluebird Group untuk kiriman PaxelBig same day (paket sampai pada hari yang sama) dan next day (sampai esok hari). Selain PaxelBig mereka juga memiliki layanan Paxelmarket yaitu paket sampai dalam sehari ke lokasi tujuan dengan ongkos kirim flat yakni Rp10.000 se-Pulau Jawa.

Pada Ramadhan tahun ini, Paxel merilis Peta Kuliner Mudik 2023 berupa informasi jalur mudik Pulau Jawa-Bali, nomor telepon penting dan rekomendasi kuliner yang wajib dicoba.

Baca juga: Paxel turunkan ongkos kirim untuk sambut Ramadhan

Baca juga: Paxel dapat pendanaan series C senilai 23 juta dolar AS


Baca juga: Inspirasi bingkisan Lebaran kreatif untuk masa pandemi

Baca juga: Jejak tradisi hantaran dari masa kerajaan hingga masa kini

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023