Washington (ANTARA) - Bank-bank sentral tidak boleh menghentikan perjuangan mereka melawan inflasi karena risiko stabilitas keuangan terlihat "sangat terkendali", kata kepala ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) Pierre-Olivier Gourinchas kepada Reuters.

IMF membangun ekspektasi inflasi yang lebih persisten dan pengetatan lebih lanjut ke perkiraan ekonomi terbaru yang dirilis pada Selasa (11/4/2023) dibandingkan dengan prospeknya pada Januari, kata Gourinchas dalam sebuah wawancara.

IMF juga memperhitungkan sedikit penarikan pinjaman bank setelah gejolak sektor perbankan pada Maret, tambahnya.

Prospek Ekonomi Dunia (WEO) IMF menunjukkan penurunan 0,1 poin persentase dalam pertumbuhan global menjadi 2,8 persen untuk tahun 2023, sebagian karena faktor-faktor ini, bersamaan dengan perlambatan di Eropa, Jepang dan India, diimbangi dengan perbaikan di Amerika Serikat.

Gourinchas mengatakan sebagian besar bank-bank sentral besar, termasuk Federal Reserve, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris, sudah mendekati puncak siklus kenaikan suku bunga mereka.

"Dari sudut pandang itu mereka mungkin perlu berbuat sedikit lebih banyak jika inflasi terbukti sedikit lebih bertahan," katanya, tetapi penarikan kembali pinjaman oleh bank-bank setelah gejolak keuangan baru-baru ini tampaknya mungkin terjadi dan itu mungkin "melakukan pekerjaan untuk bank-bank sentral" dengan mendinginkan ekonomi tanpa perlu kenaikan suku bunga yang lebih agresif.

Tetapi ditanya apakah kenaikan suku bunga yang berkelanjutan menciptakan risiko stabilitas yang lebih besar dalam memperpanjang jatuh tempo dan ketidaksesuaian suku bunga antara aset dan kewajiban, Gourinchas meminta secara keras untuk mempertahankan pertarungan inflasi.

"Apakah itu menyebabkan ketidakstabilan keuangan yang berpotensi bencana lebih jauh dan sebagai akibatnya, haruskah mereka menahan diri untuk tidak melakukan ini," ujarnya. "Penilaian kami dalam hal ini adalah tidak, karena ketidakstabilan keuangan terlihat sangat terkendali."

Menyesuaikan kebijakan moneter sekarang berdasarkan risiko stabilitas "berarti bahwa kita tidak melakukan cukup banyak hal di bidang inflasi dan itu menciptakan masalah tersendiri," kata Gourinchas.

Sebaliknya, pihak berwenang harus menahan risiko stabilitas dengan alat yang digunakan setelah kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank, seperti fasilitas pinjaman bank sentral dan dukungan lainnya, yang akan membebaskan kebijakan moneter untuk tetap fokus menurunkan inflasi.

"Ada jalur kebijakan moneter, dan kemudian ada stabilitas keuangan dan keduanya dapat dipikirkan secara terpisah, dan saya pikir itu tetap merupakan kombinasi kebijakan yang tepat pada saat ini," katanya.

Dia mengatakan bahwa kecuali guncangan, Fed dan ECB "sangat dekat dengan puncak siklus kenaikan" tetapi pelaku pasar secara luas bertaruh pada perubahan cepat kembali ke tingkat pelonggaran kemungkinan akan kecewa.

"Dan dalam pengertian saya, jika mereka mengharapkan itu karena mereka pikir Fed atau bank sentral harus mempertimbangkan argumen stabilitas keuangan... kami tidak ada di sana," kata Gourinchas.

Hal ini dapat mengarah pada penyesuaian imbal hasil pada sekuritas jangka panjang bergerak naik karena ekspektasi pasar menjadi lebih "disesuaikan dengan apa yang dikomunikasikan oleh bank sentral." dia menambahkan.

Gourinchas mengatakan ekonomi AS secara mengejutkan telah terbukti tangguh dan ada sedikit bukti bahwa Fed telah terlalu memperketat, terutama setelah data pekerjaan AS Maret yang kuat pada Jumat (7/4/2023) mendorong tingkat pengangguran turun ke level terendah historis 3,5 persen.

Beberapa pelunakan pasar kerja "seharusnya terjadi" dan diasumsikan dalam perkiraan pertumbuhan AS 2023 IMF sebesar 1,6 persen, katanya.

"Terlalu banyak jika kita mulai memperlambat ekonomi dengan sangat cepat dan pengangguran meningkat dengan sangat cepat, tetapi kita benar-benar tidak sampai pada titik ini," katanya.


Baca juga: Wall Street berakhir beragam, data inflasi menjadi fokus
Baca juga: Dolar AS jatuh, investor lakukan aksi ambil untung jelang data inflasi
Baca juga: Dolar melemah setelah kenaikan kuat dipicu taruhan Fed yang "hawkish"

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023