parkir gratis di Pelabuhan Penyeberangan Situbondo-Madura itu bisa digunakan terhitung H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1444 Hijriah.
Situbondo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyediakan lahan parkir gratis di Pelabuhan Jangkar bagi warga yang hendak melakukan perjalanan mudik ke berbagai pulau di Kabupaten Sumenep, Madura.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo Lina Yuriyana Soeherman mengemukakan bahwa lahan parkir gratis di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Situbondo-Madura itu bisa digunakan terhitung H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Bagi warga yang hendak bepergian atau mudik ke kepulauan Madura, dan ingin menitipkan kendaraan roda dua (sepeda motor) bisa memanfaatkan area parkir gratis yang kami sediakan," kata Yurin, sapaan Lina Yuriyana Soeherman di Situbondo, Jatim, Rabu.

Dia menjelaskan, saat ini tempat parkir gratis untuk layanan mudik Lebaran 2023 mulai dibangun oleh petugas Dinas Perhubungan, yakni mendirikan tenda khusus tempat parkir.

"Kemarin petugas sudah menyiapkan peralatan tenda untuk tempat parkir gratis. Karena kami menilai para pemudik ini tidak sebentar pulang kampung. Sehingga butuh tempat yang aman untuk dijadikan tempat parkir," ujar dia.

Baca juga: Pelabuhan Jangkar juga layani daftar mudik gratis secara "offline"

Baca juga: Seratusan santri Situbondo mudik menggunakan kapal kayu


Menurut Yurin, parkir gratis itu berlaku selama satu pekan sebelum Lebaran hingga satu pekan setelah hari raya, dan kapasitas parkir mampu menampung ratusan kendaraan roda dua.

"Waktu tersebut kami sesuaikan dengan arus balik masyarakat yang berasal dari Madura. Jadi selama satu minggu setelah Lebaran kami menilai banyak warga yang sudah kembali lagi dari Madura menggunakan kapal laut," katanya.

Mengenai keamanan, lanjut Yurin, tidak perlu khawatir karena disiagakan petugas jaga di lokasi parkir gratis dan dilengkapi fasilitas keamanan lain untuk mengontrol keamanan kendaraan.

"Kami akan menambah penerangan di area Pelabuhan Jangkar. Ini tujuannya untuk memudahkan petugas dalam memantau kendaraan yang diparkir," kata dia.

Yurin menambahkan, untuk mengantisipasi banyaknya penumpang kapal feri yang akan pulang kampung, pihaknya menyediakan fasilitas ruang tunggu, sehingga masyarakat yang antre di pelabuhan, dapat beristirahat.

"Kadang ada yang mau mudik tapi jadwal kapal masih besok. Otomatis mereka akan nunggu di pelabuhan. Maka kami sediakan tempat yang nyaman untuk mereka beristirahat," tutur dia.

Baca juga: Pendaftaran daring mudik gratis Situbondo-Madura dibuka hari ini

Baca juga: Gubernur Jatim: Harga bahan pokok di Situbondo stabil dan di bawah HET

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023