"Ini aplikasi disempurnakan terus, nanti anggota yang dihubungi oleh aplikasi ini bisa langsung live report,"
Bandung (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat menggunakan aplikasi bernama E-Zebra Lodaya Presisi untuk memantau secara langsung kondisi arus mudik pada momen Lebaran 2023.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi di Bandung, Jawa Barat, Rabu.mengatakan aplikasi ditempatkan di Ruangan RTMC Polda Jawa Barat.

Nantinya anggota polisi di lapangan, kata dia, bisa dihubungi secara langsung untuk menyampaikan pantauan di lapangan.

"Ini aplikasi disempurnakan terus, nanti anggota yang dihubungi oleh aplikasi ini bisa langsung live report," kata Edwin.

Adapun aplikasi itu menampilkan peta wilayah Jawa Barat. Di peta itu tampak ada penanda atau titik-titik yang menandakan keberadaan anggota polisi.

Sehingga apabila pada peta itu terlihat ada kepadatan arus lalu lintas, maka petugas dari Polda Jawa Barat akan menghubungi anggota polisi yang ada di dekat kepadatan arus tersebut.

Meski sistem itu menggunakan E-Zebra, tetapi aplikasi untuk berkomunikasi dengan anggota di lapangan masih menggunakan sistem video call WhatsApp.

"Misalnya nanti jalur Tol Jakarta-Cikampek diberlakukan one way, tapi anggota ini sekarang selain mengatur lalu lintas, dia difungsikan juga untuk live report terkait situasi di sana," kata dia.

Meski begitu, menurutnya sistem live report menggunakan aplikasi itu menyesuaikan dengan kondisi pekerjaan petugas di lapangan. Karena, kata dia, tidak setiap saat anggota polisi di lapangan bisa dihubungi oleh petugas dari ruangan RTMC Polda Jawa Barat.

"Karena sifatnya langsung personal ya, dia lagi mengurai lalu lintas, bantu orang kecelakaan, atau membantu mengatur kepadatan," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023