Sesuai arahan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) Posko Lebaran dimulai 14 April 2023. Kami akan mempersiapkan personel lebih cepat yakni H-10 hingga H+10 Lebaran 2023
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) kini akan mengaktifkan kembali posko pengamanan dan pelayanan terpadu bagi penumpang angkutan mudik Lebaran/Idul Fitri mulai 14 April 2023 di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

EGM KCU PT Angkasa Pura II Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Rabu, mengatakan tujuannya dari pengaktifan posko itu untuk memantau arus penumpang dan pergerakan pesawat serta informasi bagi masyarakat selama mudik Lebaran.

"Sesuai arahan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) Posko Lebaran dimulai 14 April 2023. Kami akan mempersiapkan personel lebih cepat yakni H-10 hingga H+10 Lebaran 2023," katanya.

Ia menerangkan posko-posko yang nantinya akan didirikan bakal berada di tiap terminal yang ada di Bandara Soekarno Hatta dan terpusat di Terminal 1B.

"Terlebih, pada arus mudik tahun ini diperkirakan penumpang dan penerbangan mengalami peningkatan," ujarnya.

Baca juga: AP II: Penumpang pesawat pada kuartal I/2023 capai 18,2 juta orang

Menurut dia, pada arus mudik Lebaran tahun ini terjadi kelonggaran aturan terkait protokol kesehatan (prokes) COVID-19 terutama pada sektor penerbangan, sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas penumpang di Bandara Soetta.

"Kalau proyeksi Kemenhub kenaikan sekitar 35 persen, kami memproyeksikan minimal 25 persen di Bandara Soekarno Hatta," ungkapnya.

Ia menambahkan sesuai instruksi dari Kemenhub pihaknya tengah mempersiapkan segala fasilitas pendukung dalam menghadapi kemungkinan akan adanya kenaikan trafik yang sangat signifikan.

"Sebenarnya sudah dari jauh-jauh hari kami lakukan persiapannya, mulai dari sisi fasilitas, personel, dan lain-lainnya. Nanti akan ada rapat dengan stakeholder terkait, untuk kebijakan lebih lanjut," kata Dwi Ananda.

Baca juga: Erick Thohir imbau pemudik gunakan kereta api dan pesawat

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023