Belitung (ANTARA) - Arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah mulai terlihat di pelabuhan Tanjung Ru, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhitung H-10 Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Saat ini arus mudik di pelabuhan Tanjung Ru mulai terlihat terhitung pada H-10 Lebaran," kata Kepala UPT Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Dinas Perhubungan Belitung, Gitono di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, pihaknya mencatat pada, Selasa (11/4) sebanyak 29 unit kendaraan dan 18 penumpang melintas di pelabuhan Tanjung Ru, Belitung menuju pelabuhan Sadai, Bangka Selatan menggunakan KMP Menumbing Raya.

"Total ada sebanyak 29 kendaraan dan 18 penumpang yang keluar dari Belitung menuju Sadai, Bangka Selatan menggunakan KMP Menumbing Raya," ujarnya.

Dikatakan dia, sedangkan penumpang yang tiba di pelabuhan Tanjung Ru dari pelabuhan Sadai, Bangka Selatan sebanyak 33 kendaraan dan 18 penumpang.

"Sedangkan dari Sadai juga sudah terlihat pergerakan penumpang dan kendaraan jelang Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Dishub Belitung memperkirakan jumlah pemudik di pelabuhan Tanjung Ru akan terus meningkat jelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami perkirakan puncak arus mudik akan berlangsung pada H-3 Idul Fitri 1444 Hijriah," ujarnya.

Ia menjelaskan, arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di pelabuhan Tanjung Ru akan dilayani tiga kapal milik ASDP yakni KMP Menumbing Raya, KMP Gorare, dan KMP Putri Leanpuri.

"Saat ini jadwal keberangkatan masih normal namun apabila ada jadwal pelayaran tambahan akan segera kami koordinasikan," katanya.

Baca juga: Pengelola Bandara Bali pastikan kesiapan fasilitas jelang arus mudik


Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya pastikan jalur KA prima sambut Lebaran 2023

Pewarta: Kasmono
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023